Kakorlantas Tegas Larang Pungli di Samsat: Masyarakat Juga Jangan Nyuap

ADVERTISEMENT

Kakorlantas Tegas Larang Pungli di Samsat: Masyarakat Juga Jangan Nyuap

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 03 Okt 2022 09:53 WIB
Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi
Kakorlantas Polri Irjen Firman Santhyabudi (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta -

Kasus pungutan liar (pungli) yang menimpa komika Soleh Solihun saat mengurus perpanjangan STNK di Samsat Jakarta Selatan sempat menjadi sorotan. Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi menegaskan pungli tidak diperbolehkan dalam layanan Samsat.

"Pungli itu sudah nggak boleh," kata Kakorlantas Polri Irjen Firman Santhyabudi di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (3/10/2022).

Firman mengatakan sedari awal pihaknya melarang keras anggota polantas melakukan pungli dalam melayani masyarakat. Dia menyebut sejauh ini pihaknya telah berupaya menghilangkan stgima pungli dari institusi polisi lalu lintas.

"Kita ke depan polisi juga nggak mau dituding tempatnya pungli. Cek itu siapa yang pungli ke mana, supaya laporannya jelas," katanya.

Namun, di satu sisi Firman juga meminta kesadaran dari masyarakat. Dia berharap masyarakat pun taat prosedur sehingga celah pungli tidak terjadi.

"Makanya jangan pake nyuap-nyuap, sabar aja. Jangan pengen cepet nanti petugasnya diimingi-imingi kaya begitu nanti imannya rusak," jelas Firman.

Firman mengatakan pihaknya tidak ingin mempersulit masyarakat dalam pelayanan di Samsat. Namun, masyarakat juga diharapkan memahami prosedur yang ada.

"Saya tidak ingin masyarakat dipersulit, tetapi masyarakat juga harus tahu tentang prosedurnya, sehingga kita jelas. Orang tahunya Samsat polisi gitu aja. Itu kan bayar pajak, terlepas dari mereka yang harus dikenakan ya tidak boleh ada pungutan apa-apa lagi," paparnya.

Polda Metro Bakal Tindak Petugas Pungli

Kasus pungutan liar (pungli) yang menimpa komika Soleh Solihun saat mengurus cek fisik kendaraan di Samsat Jakarta Selatan menyita perhatian. Polda Metro Jaya menegaskan pungli tidak dibenarkan dalam pelayanan di Samsat.

"Jadi tidak dibenarkan ada pungutan liar yang dilakukan oknum petugas Samsat. Polda Metro Jaya tidak membenarkan itu," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan saat dihubungi, Kamis (29/9).

Lihat juga video 'Curhat Soleh Solihun Kena Pungli saat Perpanjang STNK':

[Gambas:Video 20detik]



Baca selengkapnya di halaman selanjutnya....

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT