Babak Baru Kasus Roy Suryo

ADVERTISEMENT

Babak Baru Kasus Roy Suryo

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 29 Sep 2022 22:46 WIB
Roy Suryo
Roy Suryo (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Kasus postingan meme Stupa Candi Borobudur dengan tersangka Roy Suryo memasuki babak baru. Roy Suryo segera diadili atas dugaan penistaan agama.

Berkas perkara Roy Suryo telah dinyatakan lengkap. Kamis (29/9) siang tadi, penyidik Subdit Cyber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya melakukan pelimpahan tahap II tersangka Roy Suryo ke Kejati DKI Jakarta.

Roy Suryo ditahan oleh jaksa. Selama menunggu jaksa menyusun berkas dakwaan, Roy Suryo ditahan di Rutan Salemba, Jakarta Pusat.

Roy Suryo Ditahan 20 Hari di Rutan Salemba

Kasipenkum Kejati DKI Ade Sofyan menyatakan berkas perkara Roy Suryo telah lengkap. Roy Suryo selanjutnya akan disidangkan atas dugaan penistaa agama tersebut.

"Berkas sudah dinyatakan lengkap sejak tanggal 28 (September) kemarin," kata Ade Sofyan saat dihubungi, Kamis (29/9/2022).

Selama menunggu berkas dakwaan, Roy Suryo ditahan oleh jaksa. Roy Suryo ditahan selama 20 hari di Rutan Salemba, Jakarta Pusat.

"Sudah (dilimpahkan tahap II) sekitar pukul 12.30 WIB. Sekarang (Roy Suryo) ditahan di Rutan Salemba selama 20 hari ke depan," ujar Ade.

Roy Suryo Tak Pakai Kursi Roda atau Penyangga Leher

Tersangka penistaan agama, Roy Suryo ditahan di Rutan Salemba. Saat diserahkan ke jaksa, Roy Suryo tidak berpenyangga leher dan tidak menggunakan kursi roda.

"Lancar dan kooperatif juga Pak Roy Suryo ini. Nggak ada penyangga, nggak ada kursi roda, normal. Ditanya juga dijawab dengan baik," kata Kasipenkum Kejati DKI Jakarta Ade Sofyan saat dihubungi, Kamis (29/9/2022).

Ade memastikan Roy Suryo dalam keadaan sehat. Roy, jelas Ade, dinyatakan siap untuk dilakukan penahanan.

"Ada surat keterangannya (kondisi sehat) dari penyidik dibawa. Bukan penyidik yang mengeluarkan. Kondisinya sehat, secara fisik juga layak dan siap untuk di-tahap-dua-kan," jelas Ade.

Baca selanjutnya: Roy Suryo sempat meminta penangguhan penahanan...

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT