Legislator PKB: Siapa Saja Boleh Masuk Lewat Gerbang Depan dan Belakang DPR

ADVERTISEMENT

Legislator PKB: Siapa Saja Boleh Masuk Lewat Gerbang Depan dan Belakang DPR

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 28 Sep 2022 08:30 WIB
Wasekjen PKB sekaligus wakil ketua Komisi IV DPR
Daniel Johan (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta -

Anggota DPR RI Fraksi PKB Daniel Johan menyayangkan insiden Ketua Indonesia Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santoso dilarang masuk dari gerbang depan Gedung DPR/MPR RI oleh petugas pengamanan dalam (pamdal). Daniel menilai siapa saja boleh masuk dari gerbang depan maupun gerbang belakang DPR.

"Kita menyayangkan insiden yang dialami ketua IPW, harusnya tidak perlu ada masalah-masalah seperti ini. Tapi kan sudah selesai, Sekjen DPR sudah menjelaskan duduk persoalannya dan menyampaikan bahwa semua tamu di DPR harus tercatat ke dalam sistem 'visitor manajemen system' dan tidak ada pembedaan terhadap semua tamu," kata Daniel kepada wartawan, Selasa (27/9/2022).

"Secara prinsip setuju siapa pun boleh masuk baik melalui gerbang depan maupun belakang," sambungnya.

Sebagai informasi, Sugeng tak bisa masuk melalui gerbang depan Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta pada Senin (26/9), saat menghadiri undangan MKD DPR untuk memberikan keterangan. Pada Selasa (27/9), Sugeng kembali diundang MKD DPR dan datang ke DPR melalui pintu belakang karena di gerbang utama ada demonstrasi.

Daniel pun bersyukur Sugeng bisa memenuhi panggilan MKD DPR. Daniel mengaku belum mengetahui siapa saja pihak yang bisa masuk dari gerbang depan DPR.

"Aturan ini memang baru beberapa hari diberlakukan, pihak Kesekjenan perlu melakukan sosialisasi kalau ada aturan seperti ini. Saya juga belum mendapat update secara detail, harus saya tanyakan pastinya dulu," tutur dia.

Menurut Daniel, akses masuk ke gedung DPR itu merupakan masalah teknis. Dia mengatakan orang-orang bisa masuk dari gerbang depan jika tak ada demonstrasi. Sementara, saat ada demonstrasi, orang-orang bisa masuk dari gerbang belakang DPR.

"Sebaliknya bila aksi demo dilakukan di gerbang belakang maka gerbang depan yang dibuka untuk masuk. Ini persoalan sangat teknis pengamanan saja," kata dia.

"Saya biasa masuk dari gerbang belakang karena arahnya lebih mudah, sangat jarang sekali dari gerbang depan," sambungnya.

Simak selengkapnya pada halaman berikut.

Saksikan Video 'Ketua IPW Harap Larangan Gerbang Masuk Dihapus: DPR Milik Rakyat!':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT