Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo: Penyebab dan Kondisi Terkini

ADVERTISEMENT

Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo: Penyebab dan Kondisi Terkini

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Senin, 26 Sep 2022 10:50 WIB
Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo: Penyebab dan Kondisi Terkini
Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo: Penyebab dan Kondisi Terkini | Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikJateng
Jakarta -

Terjadi ledakan di asrama Brimob Sukoharjo pada Minggu (25/9/2022). Berdasarkan laporan yang diketahui, ledakan yang berasal dari paket kardus tersebut menyebabkan satu orang anggota polisi berlumuran darah.

Berikut ini beberapa fakta terkini yang diketahui soal kejadian ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo.

Lokasi Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo

Lokasi ledakan terjadi di kawasan asrama polisi, Telukan, Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Menurut informasi yang diperoleh ledakan terjadi di salah satu rumah.

Rumah tersebut berada di sisi timur markas Brimob Kompi 1 Batalyon C Pelopor. Saat ini sekitar lokasi dijaga ketat oleh Brimob.

"TKP samping rumah asrama Arumbara alamat Jalan Larasati," kata Kabid Humas Polda Jateng Kombes Iqbal Alqudusy dilansir detikJateng, Minggu.

Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo: Penyebab dan Kondisi TerkiniLedakan di Asrama Brimob Sukoharjo: Penyebab dan Kondisi Terkini | Foto: Agil Trisetiawan Putra/detikJateng

Kronologi Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo

Ledakan terjadi pada hari Minggu, (25/9/2022) sekitar pukul 18.00 WIB. Menurut pengakuan salah seorang warga Telukan, Amas, mendengar suara ledakan. Dia mendengar suara tersebut sekitar waktu Magrib.

"Tadi waktu di masjid saya dengar seperti ledakan, saya kira trafo atau ban meletus," kata Amas kepada detikJateng, Minggu (25/9).

Berdasarkan konfirmasi Kabid Humas Polda Jateng Kombes Iqbal Alqudusy membenarkan hal tersebut. Dia menyebut ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo terjadi pada Minggu (25/9/2022) pukul 18.00 WIB.

"TKP samping rumah asrama Arumbara alamat Jalan Larasati," kata Iqbal saat dimintai konfirmasi.

Korban Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo

Akibat ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo, satu orang anggota polisi terluka. Kabid Humas Polda Jawa Tengah (Jateng) Kombes Iqbal Alqudusy mengatakan korban telah dibawa ke rumah sakit. Korban disebut terluka dalam keadaan berlumuran darah.

"Korban dalam keadaan berlumuran darah selanjutnya korban ditolong oleh warga dibawa ke RS Indriyati Solo Baru selanjutnya dirujuk ke RS Moewardi Surakarta," kata Kabid Humas Polda Jawa Tengah (Jateng) Kombes Iqbal Alqudusy, seperti dilansir detikJateng, Minggu (25/9).

Korban ledakan tersebut adalah seorang anggota polisi bernama Bripka DP. Kondisi korban terluka berlumuran darah.

Penyebab Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo

Penyebab ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo adalah berasal dari paket kardus. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Polda Jawa Tengah.

"Ledakan diduga berasal dari paket kardus warna cokelat di Asrama Grogol Indah Solo Baru," kata Kabid Humas Polda Jateng Kombes Iqbal Alqudusy dilansir detikJateng, Minggu (25/9/2022).

Tim penjinak bom (jibom) pun turun tangan olah TKP ledakan. Sementara itu petugas Brimob menjaga ketat asrama polisi Sukoharjo.

Hasil Olah TKP Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Iqbal Alqudusy mengungkapkan hasil olah TKP oleh Jibom. Dia menyebutkan paket tersebut berisi bahan petasan.

"Hasil olah TKP yang dilakukan oleh Jibom telah ditemukan bubuk hitam. Bubuk hitam ini kita duga adalah bahan petasan, jadi bubuk hitam kita temukan dua kantong plastik dengan ukuran 1 ons 4 bungkus plastik kosong, sisanya residu," kata Kabid Humas Polda Jateng Kombes Iqbal Alqudusy, dilansir detikJateng Minggu (25/9/2022).

Luthfi menjelaskan paket tersebut merupakan paket lama yang mana penerimanya sudah diamankan di Polresta Surakarta.

Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo Bukan Teror

Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi memastikan ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo tidak ada unsur teror. Berikut keterangannya.

"Tidak ada unsur teror sekali," ujar Luthfi, seperti dikutip dari detikJateng, Minggu (25/9/2022).

Warga Indramayu Ditangkap Terkait Ledakan Paket

Seorang warga Indramayu ditangkap polisi terkait ledakan di asrama Brimob Sukoharjo. Warga tersebut diduga sebagai pengirim paket yang menjadi sumber ledakan.

"Ada permintaan (dari Polda Jateng) ke Jawa Barat untuk mengecek identitas orang tersebut dan mengkonfirmasi. Setelah dicek dan dikonfirmasi, benar bahwa saudara S itu pernah mengirim," ujar Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo seperti dilansir detikJabar, Minggu (25/92022).

Ibrahim tak menjelaskan rinci kapan pria tersebut mengirim paket kardus. Saat ini, pria tersebut diamankan di Polres Indramayu.

Kondisi Terkini TKP Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo

Dilansir detikJateng, sejak malam kemarin, akses menuju lokasi dijaga ketat oleh kepolisian. Namun pada pagi ini, akses jalan sudah dibuka. Hanya sekitar lokasi ledakan saja masih ditutup.

Nampak lokasi ledakan merupakan lahan kosong di ujung barat Jalan Larasati kompleks asrama polisi. Lahan tersebut berada tepat di sebelah barat rumah korban, Bripka DP, yang mengalami luka bakar cukup parah.

Selain dipasangi garis polisi, terlihat beberapa aparat kepolisian berjaga di depan rumah tersebut meski tak seketat kemarin malam. Tampak di sisi barat rumah, ada lapisan dinding luar yang sedikit rontok, ada pula kerai bambu yang rusak di bagian tengahny, serta bagian belakang sebuah mobil yang rusak.

Simak video 'Fakta-fakta Terkini Seputar Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo':

[Gambas:Video 20detik]



(wia/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT