Alur Perjalanan Paket Hasil Sitaan Meledak di Asrama Brimob Sukoharjo

ADVERTISEMENT

Alur Perjalanan Paket Hasil Sitaan Meledak di Asrama Brimob Sukoharjo

Tim detikJateng - detikNews
Senin, 26 Sep 2022 10:36 WIB
Suasana lokasi ledakan di asrama Brimob Grogol, Sukoharjo, Senin (26/9/2022) pagi.
Lokasi ledakan di asrama Brimob Grogol, Sukoharjo, Senin (26/9/2022) pagi. (Bayu Ardi Isnanto/detikJateng)
Sukoharjo -

Paket berisi bahan petasan yang meledak di kawasan asrama Brimob Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah, disebut berasal dari Indramayu, Jawa Barat. Paket itu merupakan hasil sitaan polisi dalam operasi setahun lalu.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi mengatakan paket itu dikirim oleh CV Mandiri Sujono, Indramayu. Paket itu dipesan via online pada 22 April 2021 dan dikirimkan ke alamat di wilayah Klaten, Jawa Tengah.

"CV Mandiri Sujono Indramayu sudah kita amankan di Polres Indramayu. Penerimanya adalah Saudara A, sudah kita amankan di Polresta Surakarta," terang Luthfi saat jumpa pers di Mapolsek Grogol, Sukoharjo, seperti dilansir detikJateng, Minggu (25/9/2022) malam.

"Bahwa benar anggota kita yang hari ini menjadi korban pernah melakukan razia satu tahun yang lalu terkait paket pesanan online, namanya bubuk hitam, yang diduga petasan, yang di CV itu disebutkan sebagai bahan untuk mengusir tikus di wilayah Klaten," imbuh Luthfi.

Terkait kenapa paket berisi bahan peledak itu bisa ada di TKP, polisi masih mendalaminya.

"Itu masih kita dalami, tapi anggota yang lain sudah kita periksa. Bahwa itu benar barang bukti tahun 2021, sebelum Lebaran diregister Polresta juga benar ada pengamanan," jawab Luthfi.

Luthfi lalu menjawab bagaimana paket itu bisa sampai ke Grogol sebelum meledak pada Minggu (25/9) petang. "Itu ditangkap di Jurug, dibawa pulang di Grogol. Masalah lalai, nanti kita periksa. Kalau sudah sadar, kita akan tahu," ujarnya.

"Tapi itu lokasi di pekarangan kosong, entah itu anggota inisiatif membakar atau membuang, kita dalami kalau anggota sudah sadar," jelas Luthfi.

Baca selengkapnya di sini

Simak video 'Fakta-fakta Terkini Seputar Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo':

[Gambas:Video 20detik]



(idh/fjp)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT