ADVERTISEMENT

Cak Imin Kenang Jasa Taufiq Kiemas, Pernah Minta Uang untuk Lamaran Nikah

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Minggu, 25 Sep 2022 16:38 WIB
Puan Maharani dan Cak Imin di TMP Kalibata (Wilda-detikcom)
Foto: Puan Maharani dan Cak Imin ziarah ke makam Taufiq Kiemas di TMP Kalibata (Wilda-detikcom)
Jakarta -

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengenang jasa Taufiq Kiemas di hidupnya. Cak Imin, pernah meminta uang ke Taufiq Kiemas untuk biaya lamaran pernikahannya.

Hal itu diceritakan Cak Imin usai berziarah ke makam Taufiq Kiemas di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (25/9/2022). Cak Imin berziarah bersama Ketua DPR RI Puan Maharani. Diketahui, Taufiq Kiemas merupakan ayahanda dari Puan Maharani.

"Terakhir saya mau lamar istri saya tidak punya duit, saya minta Pak Taufiq Kiemas, jadi itu orang tua kami betul," kata Cak Imin.

Tak hanya itu, Cak Imin juga sempat menjadikan rumah Taufiq Kiemas sebagai tempat rehat. Di sana, kata Cak Imin, almarhum Taufiq sering memberi nasihat bahkan juga sampai membayar biaya kuliahnya.

"Nah di situ lah saya sering mangkal, poskonya di rumah Mba PM (Puan Maharani), di Kebagusan rumah yang sejuk yang indah yang kaya raya kira-kira begitu, karena waktu itu jadi miskin banget ya. Dari sana Pak Taufiq Kiemas membriefing kami, memberikan gagasan ide akhirnya seperti ayah sendiri, bahkan ketika kami butuh apa, SPP kurang, Pak TK (Taufiq Kiemas) yang bantu," ujar Cak Imin.

Taufiq Kiemas, sebut Cak Imin, juga memberikan jam tangan. Cak Imin menyebut sudah sepatutnya mendoakan Taufiq Kiemas karena banyaknya jasa yang diberikan. Cak Imin pun akan selalu mendukung setiap gerak langkah anak Taufiq Kiemas yakni Puan Maharani.

"Saya lupa jam tangan saya, tak saya pakai karena sudah lama gara-gara pandemi tidak pakai jam tangan, jam tangan saya adalah jam tangan yang diberi Pak Taufiq Kiemas sebagai anak beliau, karena itu saya merasa punya tanggung jawab kewajiban untuk terus mendoakan beliau dan juga sebagai saudara saya pasti akan mensupport Mba Puan dalam berjuang sebagai saudara pasti," ujarnya.

Lebih lanjut, Cak Imin menyebut sejatinya kedekatannya dengan Taufiq Kiemas itu bermula saat orde baru. Saat itu, kata Cak Imin, dirinya masih menjadi mahasiswa dan ikut membantu perjuangan Megawati Soekarnoputri.

"Kita semua terus mendoakan beliau Pak Taufiq Kiemas, yang menjadi ayah kami idola kami, guru kami yang mendampingi kami waktu masih sama-sama muda, sekarang sudah tua, dulu Mba PM (Puan Maharani) masih SMA, saya sudah mahasiswa. Jadi dulu, kedekatan saya dengan Pak TK (Taufiq Kiemas) itu diawali dari gerakan mahasiswa sama-sama back up Ibu Mega (Megawati Soekarnoputri) yang digoyoh-goyoh, dulu Ibu Mega itu digoyoh-goyoh di orde baru, terus kita sebagai mahasiswa, sebagai aktivis tersentuh hatinya dan menjadi bagian dari perjuangan Ibu Megawati," ujarnya.

Simak Video: Momen Puan-Cak Imin Ziarah Makam Taufiq Kiemas

[Gambas:Video 20detik]




(whn/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT