ADVERTISEMENT

PKL Kota Tua Jakarta Masih Bandel Berjualan di Luar Lokasi Binaan

Silvia Ng - detikNews
Jumat, 23 Sep 2022 20:40 WIB
PKL berjualan di Jl Kunir Kota Tua Jakarta, Jumat (23/9/2022).
Foto: PKL berjualan di Jl Kunir Kota Tua Jakarta, Jumat (23/9/2022) (Silvia Ng/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah pedagang kaki lima (PKL) masih berjualan di kawasan Kota Tua Jakarta, tepatnya di Jalan Kunir, Jakarta Barat (Jakbar). Padahal, pemerintah telah memfasilitasi lokasi binaan (lokbin) Kota Intan.

Pantauan detikcom di lokasi, Jumat (23/9/2022), pukul 17.35 WIB, para pedagang mulai berdatangan ke Jalan Kunir, Jakarta Barat (Jakbar). Puluhan PKL tampak berjejer di pinggir jalan, sementara trotoar digunakan untuk tempat duduk dan menaruh stok.

Mayoritas mereka menjual berbagai makanan. Sementara sebagian lainnya menjual pakaian, kacamata, hingga jasa pembuatan tatto.

Para pedagang juga terdengar menawarkan dagangan mereka kepada pejalan kaki yang melintas. Sejumlah masyarakat setempat pun terlihat membeli dagangan tersebut.

Hingga saat ini, belum terdengar arahan larangan berjualan dari petugas setempat kepada para pedagang.

Salah seorang warga yang meminta namanya diinisialkan CDH (20), mengaku setuju dengan relokasi PKL ke lokbin Kota Intan.

"Kalau saya menyetujui sih, (relokasi) ke lokbin," kata CDH saat ditemui detikcom, di kawasan Kota Tua, Jumat (23/9/2022).

"Karena entar di lokbin itu nanti dari pengunjung Kota Tua ini turunnya di Jalan Cengkeh situ kak , dari (bus) pariwisata luar kota, dia turunnya dari lokbin Cengkeh dulu, baru diarahin kesini," sambung dia.

CDH mengatakan, jumlah pedagang yang berjualan saat akhir pekan lebih banyak jika dibandingkan dengan hari biasa, seperti hari ini. Dia menyebut sepanjang jalan dipenuhi PKL saat akhir pekan.

"Kalau hari weekend itu lebih komplit, lebih penuh (jalanannya), pedagangnya (mulai) dari siang sampai malam," ungkap CDH.

"Kalau hari biasa pedagang itu lebih sedikit dan jarang, kalau hari biasa kayak gini paling lama cuma sampai jam 10 malam atau kurang," sambungnya.

Alasan Pedagang Jualan di Jl Kunir

Para pedagang beralasan lokasi binaan sepi pengunjung. Sehingga, mereka memilih berjualan di Jalan Kunir.

"Justru pengunjung kalo digedung-gedung itu (lokasi binaan) kayaknya berkurang deh. Pengunjung tuh lebih banyak di sini (Jalan Kunir)," ujar pedagang minuman bernama, Onah, kepada detikcom, Jumat (16/9/2022).

"Belum pindah, ada di lokbin sana, sepi kaya kuburan, siapa yang mau beli?" tambahnya.

Onah menyebut sudah ada imbauyan dari Satpol PP. Tapi Onah keberatan untuk pindah ke lokbin.

"Ya keberatan Ibu. Kalau yang nggak mikir panjang mah pada senang," ucap Onah.

"Disini itu ramainnya Sabtu Minggu doang," tambahnya.

Simak juga video 'Anies Resmi Buka Kembali Kawasan Kota Tua: Namanya Batavia':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT