Wagub DKI Janji Tertibkan PKL Bandel di Kota Tua: Ini PR Kita Bersama

ADVERTISEMENT

Wagub DKI Janji Tertibkan PKL Bandel di Kota Tua: Ini PR Kita Bersama

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Senin, 12 Sep 2022 15:20 WIB
Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) mengimbau para pedagang kaki lima (PKL) agar tak berjualan di kawasan wisata Kota Tua dan disediakan lokasi binaan (lokbin) Kota Intan. Namun, masih ditemukan PKL berjualan di kawasan Kota Tua.
PKL berjualan di kawasan Kota Tua. (Mulia Budi/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah pedagang kaki lima (PKL) kedapatan masih berjualan di sekitar kawasan Kota Tua, Jakarta Barat. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria berjanji akan menertibkan pedagang-pedagang bandel.

"Pelan-pelan kita tertibkan," kata Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (12/9/2022).

Riza mengakui penertiban PKL merupakan pekerjaan rumah bersama. Pasalnya, mereka sudah bertahun-tahun berjualan di lokasi tersebut, sehingga banyak yang tak bersedia pindah ke lokasi binaan (lokbin) yang baru.

"Ini PR kita bersama memang di Kota Tua itu sebelumnya banyak sekali teman PKL berjualan di sana, sekarang kita sudah selesai dan rapi revitalisasinya dan sudah juga disiapkan tempatnya, tapi masih ada saja yang memang (belum) berjualan di tempat yang baru," ujarnya.

Politikus Gerindra itu juga mengaku belum menerima laporan soal oknum Satpol PP bermain dengan PKL sekitar. Dia lantas meminta agar siapa pun melapor jika mendapati temuan di lapangan.

"Nggak ada. Satpol PP yang main-main sampaikan," tandasnya.

PKL Mash Berjualan di Kota Tua

Sebagaimana diketahui, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) mengimbau para pedagang kaki lima (PKL) tak berjualan di kawasan wisata Kota Tua, Jakarta Barat, dan disediakan lokasi binaan (lokbin) Kota Intan. Namun masih ditemukan PKL berjualan di kawasan Kota Tua.

Sejumlah pedagang kaki lima ditemukan tampak masih berjualan di dekat Kota Tua, tepatnya di Jalan Kunir, Jumat (9/9/2022), sekitar pukul 21.03 WIB. Mereka berbaris di pinggir jalan di depan gedung Pos Indonesia.

Tidak banyak warga yang terlihat mampir untuk makan di lapak para PKL tersebut. Para pedagang tampak mendirikan tenda untuk memayungi gerobak dagangannya dari hujan.

Pada pintu masuk kawasan Kota Tua di dekat pos polisi depan barisan PKL itu tampak sudah ditutup. Petugas memasang water barrier dan memberi tahu pengunjung bahwa wisata Kota Tua sudah tutup.

"Mas, mau ke mana? Sudah tutup," kata salah satu petugas kepada pengunjung.

Lalu lintas di jalan kawasan Kota Tua di lokasi tersebut terpantau ramai lancar. Tidak tampak kemacetan maupun lalu lintas yang tersendat.

(taa/dek)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT