Malam Ini Sejumlah PKL Masih Dagang di Luar Lokasi Binaan yang Disediakan

ADVERTISEMENT

Malam Ini Sejumlah PKL Masih Dagang di Luar Lokasi Binaan yang Disediakan

Adrial - detikNews
Jumat, 16 Sep 2022 23:11 WIB
PKL Kota Tua
PKL Kota Tua (Adrial/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah pedagang kaki lima (PKL) masih terlihat berdagang di sekitar kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, tepatnya di Jalan Kunir. Padahal telah disediakan lokasi binaan (lokbin) Kota Intan.

Pantauan detikcom di lokasi, Jumat (16/9/2022), pukul 22.15 WIB, sejumlah PKL masih berdagang di Jalan Kunir. Mereka berbaris memanjang di pinggir jalan.

Sejumlah pedagang sibuk menawarkan barang dagangannya kepada pengunjung yang lewat. Terlihat pula beberapa pembeli yang mampir di lapak PKL tersebut.

Gerobak pedagang berbaris memanjang di sana. Rata-rata pedagang makanan yang berjualan di sana.

Ketua Persatuan Pedagang Wisata Kota Tua (Perwista), Iwan, mengatakan beberapa PKL di Jalan Kunir keberatan bila harus dipindah ke lokasi binaan. Menurutnya, lokasi binaan yang disediakan tidak layak.

"Iya keberatan. Bagaimana mau masuk, hujan aja kebanjiran. Ya pasti keberatan," kata Iwan kepada detikcom, Jumat (16/9).

Iwan menambahkan, PKL lainnya masih ingin menetap di Jalan Kunir. Sebab, para pedagang khawatir bila dipindah ke lokasi binaan akan sepi dari pengunjung.

"Ya pengennya sih di sini aja (Jalan Kunir)," ujar Iwan.

Hal senada disampaikan seorang pedagang minuman di Jalan Kunir, Onah (60). Ia mengaku tidak ingin pindah ke lokasi binaan. Menurutnya, tempat tersebut sangat sepi.

"Justru pengunjung kalo di gedung-gedung itu (lokasi binaan) kayaknya berkurang, deh. Pengunjung tuh lebih banyak di sini (Jalan Kunir)," ujar Onah

"Belom pindah, ada di lokbin sana, sepi kaya kuburan, siapa yang mau beli?" tambahnya.

Onah menyebut telah ada pihak Satpol PP yang memberi imbauan. Bahkan dia telah didaftarkan untuk pindah ke lokasi binaan namun keberatan untuk pindah ke sana.

"Ya keberatan Ibu," pungkasnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT