ADVERTISEMENT

Ini Temuan Ombudsman Soal Sumber Lambatnya Layanan Visa di Bandara

Andi Saputra - detikNews
Jumat, 23 Sep 2022 08:54 WIB
Gedung Ombudsman Republik Indonesia, Jl Rasuna Said
Kantor Ombudsman Republik Indonesia (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Imigrasi mempercepat layanan visa, baik visa wisata atau visa kerja. Salah satunya adalah untuk mendorong investasi sehingga meningkatkan perekonomian.

Usai arahan itu, Ombudsman Republik Indonesia (ORI) lalu melakukan sejumlah penelusuran. Anggota ORI Jemsly Hutabarat melakukan sidak di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, pada 20 September 2022.

"Saat itu dalam waktu hampir bersamaan ada 6 penerbangan dengan total penumpang sekitar 2 ribu orang. Pihak Imigrasi sudah siap saat itu," kata Jemsly Hutabarat saat berbincang dengan detikcom, Jumat (23/9/2022).

Jemsly kemudian mencatat hal pertama yang dilakukan wisatawan asing itu mencari Rupiah di money changer untuk pembayaran Visa on Arrival. Belum lagi ada masalah bila si turis tidak membawa uang pas.

"Ini harusnya disosialisasikan oleh pihak maskapai atau agen turis agar wisatawan membawa uang pas buat pembayaran agar tidak ada penumpukan. Ini bukan tugas Imigrasi," ucap Jemsly.

Kalau pun ada yang membayar pakai kartu, terjadi penumpukan di pembayaran. Sebab harus memasukkan PIN untuk menggesek.

"Kenapa sih nggak sekalian pembayaran online? Jadi sebelum datang, mereka sudah membayar dari negara masing-masing. Katanya ada masalah soal aturan pembayaran ini. Kenapa sih kita membuat rumit kayak gini?" ujarnya.

Soal metode pembayaran itu juga bukan kewenangan Imigrasi tapi diatur oleh Kementerian Keuangan. Setelah masuk meja cap paspor, Imigrasi sudah membuka 16 jalur. Tiap jalur ada 4 meja, tapi hanya 2 meja yang ada komputernya.

"Saya tanya kepada Kantor Imigrasi, kenapa 2 meja dibiarkan kosong? Kepala Kantor Imigrasi menerangkan bila Imigrasi sudah menyiapkan sistem software. Tapi untuk pengadaan komputernya bukan kewenangan Imigrasi, itu di kewenangan Angkasa Pura," kata Jemsly.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya:

Saksikan juga 'Masih Pakai Gaya Lama, Jokowi Usul Struktur Ditjen Imigrasi Dirombak!':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT