Paripurna DPR Setujui Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh

ADVERTISEMENT

Paripurna DPR Setujui Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh

Nahda Utami - detikNews
Selasa, 20 Sep 2022 12:45 WIB
Jakarta -

DPR RI menyetujui naturalisasi dua pemain sepakbola yakni Sandy Walsh dan Jordi Amat. Persetujuan itu diambil saat pembicaraan tingkat II dalam Rapat Paripurna ke-5 Masa Persidangan I tahun Sidang 2022-2023.

Rapat paripurna DPR RI digelar di gedung Nusantara II, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (20/9/2022). Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Lodewijk Paulus dan didampingi Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel.

Lodewijk mengatakan Komisi III dan Komisi X DPR telah menyetujui pemberian pertimbangan kewarganegaraan kepada Sandy Walsh dan Jordi Amat. Dia kemudian meminta persetujuan kepada seluruh fraksi yang hadir untuk menyetujui pemberian kewarganegaraan itu.

"Sesuai hasil pembahasan Komisi III dan Komisi X memutuskan menyetujui pemberian pertimbangan kewarganegaraan Republik Indonesia kepada Jordi Amat dan Sandy Walsh," kata Lodewijk.

"Sehubungan dengan itu, kami meminta persetujuan kepada rapat paripurna hari ini apakah permohonan pemberian pertimbangan kewarganegaraan Republik Indonesia atas nama Jordi Amat dan Sandy Walsh dapat disetujui?" tanya Lodewijk.

"Setuju," jawab anggota Dewan.

Komisi X DPR sebelumnya menggelar rapat kerja bersama Menpora Zainudin Amali dan Ketua PSSI Muhammad Iriawan atau Iwan Bule terkait naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh. Dalam kesempatan itu, Komisi X DPR RI menyetujui Jordi Amat dan Sandy Walsh mendapatkan kewarganegaraan Indonesia.

Keputusan itu diambil setelah semua fraksi menyampaikan pandangan mini fraksi terkait pemberian kewarganegaraan terhadap kedua atlet sepak bola Jordi Amat dan Sandy Walsh. Rapat kerja itu juga dihadiri langsung oleh salah satu atlet, Jordi Amat.

Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda memberi selamat kepada Jordi Amat yang mengikuti rapat. Dia juga menyampaikan beberapa pesan kepada Jordi. "Mas Jordi masih gabung ya? Mas Sandy yang masih belum bisa ya? Pesan untuk Mas Jordi, pertama saya ucapkan selamat untuk Mas Jordi dan Mas Sandy, sebentar lagi akan dapatkan kewarganegaraan Indonesia," ucapnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT