Komisi X DPR Juga Setujui Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh

ADVERTISEMENT

Komisi X DPR Juga Setujui Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 01 Sep 2022 14:55 WIB
Pemain Timnas Indonesia, Jordi Amat.
Jordi Amat (detikcom/Randy Prasatya)
Jakarta -

Komisi X DPR RI menggelar rapat kerja bersama Menteri Pemuda dan Olahraga Menpora Zainudin Amali dan Ketua PSSI Muhammad Iriawan atau Iwan Bule terkait naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh. Dalam kesempatan itu, Komisi X DPR RI menyetujui Jordi Amat dan Sandy Walsh mendapatkan kewarganegaraan Indonesia.

Keputusan itu diambil setelah semua fraksi menyampaikan pandangan mini fraksi terkait pemberian kewarganegaraan terhadap kedua atlet sepak bola Jordi Amat dan Sandy Walsh. Rapat kerja itu juga dihadiri langsung oleh salah satu atlet, Jordi Amat.

Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda lantas menyampaikan kesimpulan usai seluruh fraksi memberi pandangannya. Dia menyebut naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh disetujui.

"Dengan ini Komisi X menyetujui terkait dengan naturalisasi pemberian kewarganegaraan terhadap Sandy dan Jordi," kata Syaiful Huda saat rapat kerja, Kamis (1/9/2022).

Lebih lanjut, Huda memberi selamat kepada Jordi Amat yang mengikuti rapat. Dia juga menyampaikan beberapa pesan kepada Jordi.

"Mas Jordi masih gabung ya? Mas Sandy yang masih belum bisa ya? Pesan untuk Mas Jordi, pertama saya ucapkan selamat untuuk Mas Jordi dan Mas Sandy, sebentar lagi akan dapatkan kewarganegaraan Indonesia," ucapnya.

"Ucapan selamat ini mengiringi juga semoga bisa membawa timnas kita berprestasi dalam berbagai kompetisi di masa-masa yang akan datang, publik sepak bola Indonesia sangat berharap sekali Mas Jordi dan Mas Sandy bisa memberikan kontribusi yang terbaik bagi perjalanan prestasi timnas RI," lanjut Huda.

Dia juga berharap Jordi bisa berkontribusi bagi bangsa dan negara setelah selesai menjadi atlet. Dia lalu mengingatkan terkait rencana Jordi yang akan membuat akademi sepak bola di Sulawesi.

"Tentu kita sangat berharap kontribusi Mas Jordy tidak berhenti sampai di sini setelah jadi pemain profesional, tidak ada salahnya pengabdian membantu pemerintah dan dengan cara juga membuat akademi bola di Sulawesi karena punya darah di sana, dan itu menjadi kontribusi pasca jadi pemain profesional di masa yang akan datang," tuturnya.

Komisi III DPR Setujui Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh

Sebelumnya, Komisi III DPR RI lebih dulu sepakat menyetujui naturalisasi dua pemain sepakbola, yakni Sandy Walsh dan Jordi Amat. Proses naturalisasi keduanya bakal dilanjutkan.

Kesepakatan itu diambil dalam rapat Komisi III DPR dengan Menpora, PSSI, serta Wakil Menkumham di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (29/8).

"Apakah Komisi III DPR RI dapat menyetujui pemberian kewarganegaraan Indonesia atas nama Jordi Amat Maas dan Sandy Harry Walsh untuk selanjutnya diproses melalui peraturan perundang-undangan?" kata Ketua Komisi III DPR Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul selaku pimpinan sidang kepada para anggota.

"Setuju," jawab anggota.

Simak juga video 'Sandy Walsh-Jordi Amat Diharapkan Berperilaku Baik Usai Naturalisasi':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT