ADVERTISEMENT

Laporan dari Korsel

Megawati: Sudah Tepat Jeju Deklarasi Diri sebagai Pulau Perdamaian

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 15 Sep 2022 12:43 WIB
Megawati Soekarnoputri
Foto: Megawati Soekarnoputri (Eva/detikcom)
Jakarta -

Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri sempat berbincang dengan Gubernur Jeju Oh Young-Hun sebelum menjadi pembicara di Forum for Peace and Prosperity 2022. Megawati menyampaikan sudah tepat Jeju mendeklarasikan diri sebagai Pulau Perdamaian.

Adapun pertemuan itu dilakukan sebelum forum Jeju dimulai. Forum tersebut diselenggarakan di International Convention Center (ICC), Jeju, Korea Selatan, Rabu (15/9/2022).

Megawati hadir ditemani Dubes RI untuk Korsel Gandi Sulistyanto, Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, dan Ketua DPP PDI Perjuangan Rokhmin Dahuri.

"Menurut saya sudah tepat Pulau Jeju mendeklarasikan diri sebagai pulau untuk perdamaian," kata Megawati di awal pertemuannya dengan Oh Young-Hun.

Megawati lalu menyampaikan hubungan Korea Utara dan Korea Selatan yang menjadi perhatian dunia. Dia mengatakan hal itu perlu menjadi fokus dalam pembahasan Jeju Peace Forum.

"Dan semalam dalam dinner, kebetulan bertemu Pak Ban Ki Moon, saya mendorong juga hal singkat bahwa bagaimana persoalan ini menjadi concern karena sebenarnya banyak perhatian dari dunia mengenai masalah Korea Utara dan Selatan," kata Megawati.

Megawati juga berbicara soal Sulut yang cocok menjalin kerja sama dengan Jeju. Sebab secara geografis, letak Sulut yang langsung ke Laut Hindia, akan memudahkan sisi transportasi. Apalagi Sulut memiliki Pelabuhan Laut Bitung.

"Saya mendengar Jeju ingin kerja sama bidang pertanian, tentu kami akan menerima dengan baik. Karena di Sulut banyak daerah subur," ujar Megawati.

Kerja Sama Jeju-Sulut

Lebih lanjut dalam perbincangan itu, Ketua Umum DPP PDIP ini pun menyinggung kerja sama antara Jeju dengan Pemprov Sulawesi Utara. Dia mengatakan Sulut dan Jeju punya banyak komoditas pertanian yang bisa saling diperdagangkan.

Dia lantas bercerita soal tugasnya sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Megawati mendorong agar kerja sama riset, khususnya di bidang pangan bisa ditingkatkan.

"Oleh sebab itu, kemarin ketika datang ke Jeju University, kami melakukan MoU terutama dalam budidaya ikan kerapu, di dalamnya termasuk Kementerian Kelautan dan Perikanan," kata Megawati.

Pertemuan Megawati dengan Gubernur Jeju Oh Young-Hun didampingi sejumlah delegasi masing-masing.

Simak juga video 'Jokowi Rayu CEO Korsel Investasi di RI: Regulasi Semua Sudah Mudah':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/zap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT