Megawati Ajak Lestarikan Lingkungan: Mencintai Alam Sebuah Keharusan

ADVERTISEMENT

Laporan dari Jeju

Megawati Ajak Lestarikan Lingkungan: Mencintai Alam Sebuah Keharusan

Eva Safitri - detikNews
Rabu, 14 Sep 2022 17:44 WIB
Megawati Soekarnoputri
Megawati (Eva Safitri/detikcom)
Jeju -

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bicara terkait modernisasi di lingkungan saat ini. Dia menyebut modernisasi itu membuat setiap orang seolah lupa pada alam.

Hal itu diungkap Megawati usai berkesempatan menanam pohon di We Hotel, Jeju, Korea Selatan, Rabu (14/9/2022). Megawati bercerita kecintaannya terhadap lingkungan sampai dia akhirnya mencanangkan yayasan kebun raya di Indonesia.

"Jadi saya cerita tentang yayasan kebun raya Indonesia, yang alhamdulillah sekarang sudah menjadi dan sedang dibangun sebagainya itu ada 45, di ada yang provinsi ada yang kabupaten," kata Megawati.

"Karena memang seperti tadi yang saya katakan ya, kita kadang-kadang lupa bahwa kita hidup itu kan perlu oksigen ya. Nah, padahal kan kalau dipikir sampe ada konferensi lah urusan karbon monoksida, sampai istilahnya ada hitungan oksigen yang keluar harganya berapa," lanjut Megawati.

Megawati lantas bicara pentingnya pemeliharaan lingkungan. Menurutnya, sesama makhluk hidup baik manusia, hewan, dan tanaman harus saling memelihara.

"Padahal menurut saya kalau hanya begitu saja tapi tidak ingat bahwa itu juga harus dilakukan penanaman pemeliharaan, karena saya sangat yakin semua yang ada di dunia ini kan disebut makhluk Allah ya. Jadi itu bukan berarti kita saja, tapi juga semua tanaman, binatang, dan lain sebagainya yang sebenarnya sebuah mata rantai kehidupan," ujarnya.

Megawati merasa prihatin akan modernisasi lingkungan. Menurutnya, modernisasi itu membuat orang seakan lupa dengan alam.

"Saya sebagai orang pencinta alam, memang sangat merasakan akibat yang disebut katanya modernisasi, orang sepertinya mulai lupa bahwa hidup di alam mencintai alam itu sebenarnya harus sebuah keharusan. Karena teknologi itu hanya sebuah alat bantu. Tapi kalau ini kan juga pemberian Allah SWT," ujarnya.

Untuk diketahui, Megawati tengah melakukan kunjungan ke Jeju, Korea Selatan. Megawati akan dijadwalkan menjadi pembicara di Forum for Peace and Prosperity, Kamis (15/9).

Sebelumnya agenda tersebut, Megawati menjalani sejumlah agenda mulai menyaksikan penandatanganan MoU antara Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Megawati juga menyempatkan diri menanam pohon di kebun bernama 'Megawati Soekarnoputri'.

Turut mendampingi Megawati, Dubes RI untuk Korsel Gandi Sulistyanto, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Ketua DPP PDIP Rokhmin Dahuri, hingga Kepala BRIN Laksana Tri Handoko.

Lihat juga video 'Kunjungan Jokowi ke Korsel Buahkan Investasi Rp100,69 T':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/lir)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT