ADVERTISEMENT

Eks ART Pencuri Brankas Amati Kondisi Rumah Dara Arafah Selama 2 Bulan Kerja

Brigitta Belia - detikNews
Senin, 12 Sep 2022 23:09 WIB
Dara Arafah menyampaikan terima kasih ke polisi yang telah menangkap eks ART pencuri brankas
Dara Arafah menyampaikan terima kasih ke polisi yang telah menangkap eks ART pencuri brankas. (Brigitta Belia/detikcom)
Jakarta -

Mursidah (54), eks asisten rumah tangga (ART) Dara Arafah mencuri brankas beri uang hampir Rp 800 juta. Selama bekerja itu, Mursidah mempelajari kapan rumah Dara Arafah kosong.

"Tersangka wanita ini ART korban dan karena dia mengenali situasi rumah, dia menunggu sampai korban keluar rumah," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (12/9/2022).

Mursidah mengetahui kapan rumah Dara Arafah kosong ditinggal penghuninya. Saat itulah ia melakukan aksinya, tepatnya 4 September 2022.

"Dalam waktu yang dia tahu cukup lama (penghuni pergi) sehingga saat itu terjadi (pencurian) rumah sudah dalam keadaan kosong," kata Zulpan.

Dalam aksinya, Mursidah 'dibimbing' oleh kekasihnya, Sarpun alias Anwar (38). Sarpun pulalah yang menyuruh Mursidah untuk mematikan CCTV di rumah Dara Arafah.

"Tersangka Mursidah ini mematikan CCTV agar aksi yang dilakukannya tidak terekam," katanya.

Ketika rumah dalam keadaan kosong, Mursidah dengan leluasa mengeluarkan brankas dari rumah Dara Arafah. Brankas itu dikirim ke Sarpun di Cilacap, Jawa Tengah.

"Kemudian setelah itu, setelah ambil brankas dibungkus kain untuk kelabui orang lain, selanjutnya dikirim melalui travel ke Cilacap," ungkapnya.

Setelah brankas itu ada di tangan Sarpun, ia membongkarnya. Sarpun diketahui telah menggunakan sebagian uang yang dicuri Mursidah ini untuk keperluan pribadinya.

"Karena tersangka satu lagi yang laki-laki sudah nunggu di Cilacap, sesampainya di Cilacap tersangka langsung bongkar dengan alat-alat yang kami sampaikan tadi sehingga terbukalah brankas itu sehingga uang dikuasai tersangka," beber Zulpan.

Baca di halaman selanjutnya: pacar eks ART Dara Arafah memberikan uang curian kepada tunangannya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT