Kongkalikong Eks ART Dara Arafah dan Pacar Curi Brankas Rp 800 Juta

ADVERTISEMENT

Kongkalikong Eks ART Dara Arafah dan Pacar Curi Brankas Rp 800 Juta

Brigitta Belia - detikNews
Senin, 12 Sep 2022 17:42 WIB
Tampang ART dan kekasihnya yang mencuri brankas Dara Arafah
Tampang ART dan kekasihnya yang mencuri brankas Dara Arafah (Brigitta Belia/detikcom)
Jakarta -

Polisi mengungkap kasus pencurian brankas berisi uang tunai hampir Rp 800 juta di rumah selebgram Dara Arafah di Tugu, Koja, Jakarta Utara. Pencurian itu dilakukan oleh eks ART, Mursidah (54), dan kekasihnya, Sarpun alias Anwar (38).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengungkap detail kongkalikong antara Mursidah dan Sarpun dalam konferensi pers di Polda Metro Jaya, Senin (12/9/2022). Mulanya Zulpan membeberkan peran keduanya.

"Perannya (Mursidah) ambil brankas di rumah dan mengirimkannya pada tersangka satu lagi yang laki-laki atas nama Sapun (38) menggunakan travel," tutur Zulpan.

Kemudian Sapun berperan menerima kiriman korban. "Menerima kiriman brankas dari travel dan membongkarnya dan mengambil isinya," kata Zulpan.

Polisi Sita Rp 672 Juta

Sejumlah barang bukti disita penyidik. Salah satunya uang cash senilai Rp 672 juta.

"(Barang bukti lainnya) linggis, palu, 2 gergaji kecil, pakaian yang digunakan saat melakukan pencurian, lalu ada barang elektronik, seperti HP, satu BPKP atas nama Rahmat Tri WSijayanto, dan STNK atas nama yang sama," imbuhnya.

Zulpan lalu menceritakan detik-detik aksi pencurian itu. Saat itu, Mursidah mengetahui majikannya tengah berpergian dalam kurun waktu yang lama.

"Tersangka wanita ini, ART korban, dan karena dia mengenali situasi rumah, dia menunggu sampai korban keluar rumah dalam waktu yang dia tahu cukup lama," tutur Zulpan.

Diotaki Pacar Eks ART

Rupanya aksi pencurian brankas itu diotaki oleh pacar Mursidah, Sarpun. Ia 'membimbing' Mursidah lewat telepon.

"Tindakan ini, Mursidah ini bekerja sama dengan pacarnya, Sarpun, dan yang beri ide pacarnya," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Zulpan dalam konferensi pers, Senin (12/9/2022).

Mursidah, jelas Zulpan, ditelepon oleh Sarpun. Sarpun meminta Mursidah mencari barang-barang berharga di rumah Dara.

"Ditelepon '(bagaimana) keadaan rumah, gimana?' 'Kosong', 'coba cari ada barang berharga nggak?' difoto beberapa spot, lihat brankas, kata pacar matiin CCTV, lalu angkat brankas," imbuh Zulpan.

Baca di halaman selanjutnya: Mursidah kirim brankas kepada pacarnya di Cilacap.

Lihat Video: ART Dara Arafah yang Bawa Kabur Brankas Ditangkap

[Gambas:Video 20detik]






ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT