'Senyum Aja' dari Anies Saat PSSI Nilai JIS Belum Layak untuk Laga Timnas

ADVERTISEMENT

'Senyum Aja' dari Anies Saat PSSI Nilai JIS Belum Layak untuk Laga Timnas

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Minggu, 11 Sep 2022 16:01 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Tiara-detikcom)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Tiara/detikcom)
Jakarta -

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menilai Stadion Jakarta Internasional Stadium (JIS) belum memenuhi kelayakan untuk uji coba laga Timnas Indonesia vs Curacao pada 27 September mendatang. Menanggapi itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku hanya bisa melempar senyuman.

Mulanya diketahui, Stadion JIS dijadwalkan akan menjadi lokasi kedua laga uji coba Timnas Indonesia vs Curacao pada 27 September. Sebelum itu, Garuda lebih dulu menjamu Curacao di Stadion Gelora Bandung Lautan Api pada 24 September.

Setelah itu, PSSI melakukan uji kelayakan. Hasilnya, PSSI menyebut Stadion JIS belum memenuhi persyaratan untuk menggelar laga FIFA matchday alias jeda internasional.

Berdasarkan hasil inspeksi tim Infrastructure Safety and Security PSSI, Stadion JIS belum memenuhi kelayakan 100 persen infrastruktur yang meliputi area drop off tim, sirkulasi aktivitas terkait pertandingan di outer perimeter menumpuk di barat utara.

Selain itu, concourse timur bahkan belum dapat digunakan, perimeter tribun perlu pengkajian ulang, terutama pagar perimeter di bawah concourse barat tidak kokoh. Lalu, sarana prasarana pendukung juga kurang seperti kantong parkir, transportasi umum, dan jalan akses menuju stadion belum sesuai standar.

"Sehingga untuk menggelar sebuah pertandingan FIFA Match Day yang mengundang animo penonton sangat banyak maka perlu dilakukan simulasi terkait jumlah penonton mulai dari 25-50 persen - 75 persen - 100 persen dari perhitungan maximum safety capacity," kata Sekjen PSSI Yunus Nusi, dalam keterangannya, dikutip Minggu (11/9/2022).

Yunus Nusi menjelaskan Stadion JIS yang memiliki daya tampung 80 ribu kursi itu, hanya bisa menampung parkir sekitar 800 unit kendaraan roda empat. Yunus menyebut hal itu sangat riskan mengingat animo masyarakat untuk datang ke stadion mendukung timnas bermain sangat tinggi.

Selain itu, kata Yunus, hanya ada satu pintu untuk masuk arena Stadion JIS. Menurut Yunus, hal itu akan memakan waktu yang lama untuk masyarakat keluar dari stadion setelah menonton laga timnas.

"Di samping itu terkait dengan plafon yang rendah karena bus tidak bisa masuk, bisa jadi bus tim tamu dan tim tuan rumah berhentinya di area umum, tidak di area sebagaimana mestinya yang sudah diatur. Nah kalau kami paksakan pasti akan menjadi catatan FIFA," tutur Yunus Nusi.

Gubernur DKI Anies Baswedan menjawab santai perihal pernyataan PSSI itu. Anies malah balik bertanya kepada awak media.

"Kira-kira mungkin nggak? Jawaban saya cuma itu aja, kira-kira mungkin nggak? Kira-kira," kata Anies Baswedan kepada wartawan di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, pada Sabtu (10/9).

Tak banyak yang diucapkan Anies untuk mengomentari pernyataan PSSI itu. Anies menyebut dirinya hanya bisa melempar senyuman.

"Jawaban saya cuma senyum aja, gitu aja," ujarnya.

Jakpro sebut JIS sudah sesuai standar FIFA. Baca di halaman berikutnya>>

Simak Video: Heboh PSSI Sebut JIS Tak Layak, Jakpro Ungkap 10 Poin Standar FIFA

[Gambas:Video 20detik]






ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT