Wagub DKI Yakin Pj Gubernur Pilihan Jokowi Orang Terbaik

ADVERTISEMENT

Wagub DKI Yakin Pj Gubernur Pilihan Jokowi Orang Terbaik

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 11 Sep 2022 14:06 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Tiara/detikcom)
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Tiara/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meyakini Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memilih orang terbaik sebagai Pj Gubernur pengganti Anies Baswedan. Riza pun menghormati mekanisme pemilihan Pj Gubernur DKI yang saat ini tengah berlangsung.

"Mari kita dukung siapapun nanti yang akan menjadi Pj Gubernur Jakarta. Insyaallah siapa pun nanti yang ditunjuk oleh Pak Jokowi pasti orang yang terbaik," kata Riza di Thamrin 10, Jakarta Pusat, Minggu (11/9/2022).

Politikus Gerindra itu juga berpesan agar Pj Gubernur dapat melanjutkan pembangunan kota Jakarta. Dengan begitu, kata Riza, dampak program pembangunan kota semakin dirasakan langsung oleh masyarakat.

"Mari kita dukung agar pembangunan kota Jakarta bisa lebih baik untuk dapat melayani seluruh warga Jakarta dan warga Indonesia yang ada," ujarnya.

Riza juga berpamitan menjelang berakhirnya masa jabatan pada 16 Oktober mendatang. Riza menyampaikan permohonan maaf kepada warga Ibu Kota selama menjadi orang nomor 2 di Jakarta.

"Pak Anies dengan saya berakhir. mudah-mudahan semua program bisa terlaksana dengan baik. Mohon dukungannya dan mohon maaf atas kekurangannya selama ini," ucapnya.

Dia lantas mengajak masyarakat mendukung Pj Gubernur yang akan bertugas hingga 2024.

"Mari kita dukung siapa pun yang nanti ditunjuk oleh Bapak Presiden, Pak Mendagri sebagai Pj Gubernur selama 2 tahun ke depan," tandasnya.

Sebagaimana diketahui, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi memastikan akan segera membahas tiga nama calon Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan. Rencananya, DPRD menggelar rapat pimpinan gabungan (rapimgab) fraksi pekan depan.

"Saya akan panggil Sekwan (Sekretaris DPRD) dulu untuk dijadwalkan," kata Prasetyo dalam keterangan tertulis, Jumat (9/9/2022).

Politikus PDIP itu mengatakan akan menginstruksikan Sekretaris Dewan terlebih dulu untuk mengatur jadwal Rapimgab pekan depan. Prinsipnya, mekanisme rapimgab menjadi salah satu syarat untuk menjunjung tinggi asas kolektif kolegial yang ada di DPRD DKI Jakarta.

"Seperti itu, intinya pekan depan (rapimgab), bisa sebelum atau sesudah paripurna pengumuman pemberhentian Gubernur," ungkapnya.

Berdasarkan surat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang dilayangkan ke DPRD DKI Jakarta, tiga nama calon PJ Gubernur DKI Jakarta paling lambat dikirimkan 16 September atau satu bulan sebelum masa jabatan Anies habis.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian juga sudah menyatakan calon Pj Gubernur DKI yang diajukan ke Presiden Joko Widodo bakal berjumlah enam orang. Enam nama calon itu akan diusulkan dua pihak, tiga dari DPRD DKI Jakarta dan tiga dari Kemendagri.

Lihat juga Video: Tito Sebut 6 Calon PJ Gubernur DKI Pengganti Anies: 3 DPRD, 3 Kemendagri

[Gambas:Video 20detik]




(taa/mae)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT