ADVERTISEMENT

Duka TNI AL Kala Lettu Judistira dan Letda Dendy Gugur di Pesawat Bonanza

Farih Maulana Sidik - detikNews
Kamis, 08 Sep 2022 20:05 WIB
KSAL Laksamana Yudo Margono Jumpa Pers soal Jatuhnya Jatuh Pesawat Bonanza
KSAL Laksamana Yudo Margono (Farih/detikcom)
Jakarta -

Duka menyelimuti TNI AL usai pesawat latih TNI AL jenis G-36 Bonanza T-2503 jatuh di Selat Madura. Pilot Lettu Laut (P) Judistira Eka Permady dan kopilot Letda Laut (P) Dendy Kresna Bakti Sabila ditemukan meninggal dunia.

Ungkapan dukacita juga disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono dalam jumpa pers di Mabes AL, Jakarta Timur, Kamis (8/9/2022). Yudo mengenang pilot dan kopilot pesawat Bonanza tersebut sebagai sosok prajurit terbaik.

"Pada sore hari ini saya Kepala Staf Angkatan Laut beserta prajurit Jalasena Samudera, turut berdukacita atas gugurnya dua prajurit terbaik Angkatan Laut Lettu Laut (P) Judistira Eka Permady dan kopilot Letda Laut (P) Dendy Kresna Bakti Sabila," kata Yudo.

Yudo menjelaskan jenazah Lettu Laut (P) Judistira Eka Permady dan Letda Laut (P) Dendy Kresna Bakti Sabila ditemukan di dalam bangkai pesawat yang jatuh. Dia mengatakan bangkai pesawat tersebut berada di kedalaman 14 meter Selat Madura.

"Yang mana pada tadi jam 10.00 WIB telah ditemukan di kedalaman laut 14 meter. Masih di dalam bangkai pesawat yang jatuh kemarin," ujarnya.

Yudo menuturkan kini jenazah dua prajurit TNI AL itu sudah dievakuasi. Bangkai pesawat yang jatuh, lanjutnya, juga sudah diangkat ke permukaan.

"Kondisinya kemarin sulit diangkat karena posisi katanya terbalik dan jenazah dua-duanya masih duduk di kursi dan terikat seat belt sehingga sulit untuk diangkat, sehingga tadi pagi baru diangkat, jadi dua personel pilot dan kopilot sudah diangkat," tuturnya.

Pilot dan Kopilot Dapat Kenaikan Pangkat

Yudo menyampaikan almarhum pilot Lettu Laut (P) Judistira Eka Permady dan kopilot Letda Laut (P) Dendy Kresna Bakti Sabila juga mendapat kenaikan pangkat luar biasa.

"Almarhum keduanya mendapat kenaikan pangkat luar biasa yang tadi kep-nya sudah turun, barusan tadi. Tadi kita ajukan dan ini sudah turun, jadi naik satu tingkat," kata Yudo.

Yudo mengatakan bakal ada santunan duka bagi keluarga pilot dan kopilot. Santunan duka berasal dari TNI AL dan ASABRI.

"Kemudian ada, bukan kerahiman, santunan duka dari ASABRI, tentunya dari Angkatan Laut sendiri ada," ujar Yudo.

Simak Video: KSAL Ungkap Bonanza T-2503 Sudah Ditemukan Usai Terjatuh, Tapi...

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT