Jenazah Pilot-Kopilot Ditemukan Terikat Seat Belt di Bangkai Pesawat Bonanza

ADVERTISEMENT

Jenazah Pilot-Kopilot Ditemukan Terikat Seat Belt di Bangkai Pesawat Bonanza

Farih Maulana Sidik - detikNews
Kamis, 08 Sep 2022 16:19 WIB
Jakarta -

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksmana Yudo Margono menyampaikan perkembangan terkait jatuhnya pesawat latih TNI AL jenis jenis G-36 Bonanza T-2503 di Selat Madura, Jawa Timur. Laksmana Yudo Margono menyampaikan jenazah pilot dan kopilot pesawat latih TNI AL itu ditemukan di kedalaman 14 meter.

"Lettu Laut (P) Judistira Eka Permady dan kopilot Letda Laut (P) Dendy Kresna Bakti Sabila, yang mana pada tadi jam 10.00 telah ditemukan di kedalaman laut 14 meter," kata Laksmana Yudo Margono saat konferensi pers, Kamis (8/9/2022).

Yudo mengatakan kedua jenazah itu ditemukan di dalam bangkai pesawat yang jatuh. Jenazah keduanya, kata dia, kini juga sudah dievakuasi.

"Masih di dalam bangkai pesawat yang jatuh kemarin, dan juga sudah dievakuasi di RSAL Surabaya, dan juga untuk pesawat juga sudah diangkat di KRI Soputen," ucapnya.

Selain itu, Yudo menyebut ada kendala ketika proses evakuasi kedua jenazah pilot dan kopilot. Dia menyebut jenazah ditemukan dalam kondisi terikat seat belt di dalam bangkai pesawat.

"Kondisinya kemarin sulit diangkat karena posisi katanya terbalik dan jenazah dua-duanya masih duduk di kursi dan terikat seat belt sehingga sulit untuk diangkat, sehingga tadi pagi baru diangkat, jadi dua personel pilot dan kopilot sudah diangkat," tuturnya.

Lebih lanjut, Yudo menyampaikan sebetulnya keberadaan pesawat sudah ditemukan sejak Rabu (7/9) kemarin. Namun, lantaran arus yang sangat kuat, kata dia, akhirnya penyelam baru bisa melakukan proses evakuasi pada hari ini.

"Sebenarnya kemarin sudah ditemukan datum, titik awal jatuhnya, kemudian dari multi-beam ditemukan saat itu, dan dilaksanakan penyelaman, tapi karena arus sangat kuat sehingga baru bisa tadi pagi diselami oleh Dislamair Koarmada II dan Kopaska sehingga bisa ditemukan dan langsung bisa diangkat dievakuasi di rumah sakit," ujarnya.

Simak juga video 'Pesawat Latih TNI AL Jenis Bonanza T-2503 Jatuh di Selat Madura':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT