Beda Pendapat KNKT-Polisi soal Penyebab Truk Trailer Pembawa Petaka

ADVERTISEMENT

Beda Pendapat KNKT-Polisi soal Penyebab Truk Trailer Pembawa Petaka

Wildan Noviansah - detikNews
Sabtu, 03 Sep 2022 22:07 WIB
Warga melihat lokasi tempat kejadian kecelakaan sebuah truk kontainer yang menabrak halte bus di depan SDN Kota Baru II dan III di Jalan Sultan Agung, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (31/8/2022). Menurut keterangan kepolisian, dalam kecelakaan yang diduga diakibatkan rem blong tersebut telah menyebabkan 10 orang meninggal dunia, tujuh diantaranya anak-anak sekolah serta 30 orang lainnya luka-luka. ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/wsj.
Truk trailer menabrak halte SDN Kota Baru II dan III di Jalan Sultan Agung, Kota Bekasi. (Foto: ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)
Jakarta -

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengungkap hasil investigasi terkait kecelakaan truk trailer maut di Jl Sultan Agung, Kota Bekasi. Namun hasil investigasi KNKT ini dibantah oleh pihak kepolisian.

Ada perbedaan pendapat antara KNKT dengan pihak kepolisian terkait kecelakaan yang menewaskan 10 orang tersebut. Salah satunya adalah terkait penyebab kecelakaan truk trailer.

Seperti diketahui, kecelakaan truk trailer di depan SDN Kota Baru II & III Bekasi terjadi pada Rabu (31/8) siang. Kecelakaan terjadi bertepatan dengan anak-anak SD pulang sekolah.

Truk trailer tiba-tiba menabrak halte hingga mengakibatkan tiang BTS roboh dan menimpa banyak warga. Total ada 23 korban, terdiri dari 10 korban tewas dan 23 lainnya luka-luka.

Sopir truk inisial AS (30) ditetapkan sebagai tersangka dengan jeratan pasal 310 ayat (4) UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) atas kecelakaan maut tersebut. Polisi hingga KNKT pun turun menyelidiki penyebab kecelakaan tersebut.

Namun, hasil penyelidikan polisi dan investigasi terdapat perbedaan pendapat. Berikut perbedaan pendapat antara KNKT dengan pihak kepolisian yang kami rangkum sebagai berikut:

Simak di halaman selanjutnya....

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT