ADVERTISEMENT

Respons Kaesang soal Laporan Terkait Dirinya-Gibran Diarsipkan KPK

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Jumat, 19 Agu 2022 19:58 WIB
Kaesang
Kaesang Pangarep (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

KPK mengatakan indikasi dugaan korupsi atas putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, masih sumir dan tidak jelas. Kaesang pun merespons santai atas hal itu.

Respons itu disampaikan Kaesang melalui akun Twitter resminya, @kesangp, Jumat (19/8/2022). Kaesang mencuit hal itu saat merespons cuitan salah satu pengguna Twitter.

"Sebaiknya balik laporkan orang yang melaporkan @gibran_tweet dan @kaesangp atas pencemaran nama baik mengingat karena laporan ini dampaknya di media sosial luar biasa. Ayo mas, ini demi nama baik diri dan keluarga," tulis @wisanggeni_11. Ejaan cuitan telah disesuaikan.

Warganet tersebut menyertakan sebuah artikel yang memuat tentang laporan dugaan korupsi Gibran dan Kaesang tidak jelas. Kaesang pun merespons santai saran untuk melaporkan balik dari warganet itu.

Kaesang menyebut saat ini dirinya fokus bekerja. Direktur Utama Persis Solo itu kemudian menyinggung klub sepak bolanya menang.

"Gapapa biarin aja. Saya mau fokus kerja aja. Alhamdulillah @persisofficial menang hari ini," tulis Kaesang.

KPK Arsipkan Laporan atas Gibran dan Kaesang

KPK sebelumnya telah menjelaskan perkembangan kasus dugaan korupsi terhadap Kaesang dan Gibran yang dilaporkan oleh dosen UNJ Ubedillah Badrun. Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron menerangkan Gibran-Kaesang terlapor di KPK sejak Januari 2022.

"Jadi, pada tanggal 10 Januari 2022, KPK memang menerima laporan dugaan tindak pidana korupsi dan atau TPPU, terkait dengan dugaan KKN relasi bisnis anak presiden dengan grup-grup bisnis yang diduga terlibat pembakaran hutan," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron kepada wartawan, Jumat (19/8).

Namun, Ghufron menjelaskan saat itu Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep bukan penyelenggara negara. Ghufron menyebut pihaknya telah memanggil Ubedillah juga untuk memverifikasi laporan tersebut.

"Jadi sesungguhnya, yang dilaporkan, asumsinya adalah ini sama-sama sebelum menjadi pejabat negara," jelasnya.

"Kami kemudian telah melakukan verifikasi, klarifikasi kepada pelapor dan bertemu langsung kepada pelapornya," lanjut Ghufon.

Selengkapnya pada halaman berikut.

Simak Video: Ubedillah Diteror Usai Laporkan Gibran-Kaesang ke KPK?

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT