Saat Anies Sampaikan Tinggal 2 Bulan Lagi di DKI

ADVERTISEMENT

Saat Anies Sampaikan Tinggal 2 Bulan Lagi di DKI

Nahda Rizki Utami - detikNews
Kamis, 18 Agu 2022 07:15 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Nahda/detikcom)
Jakarta -

Anies Baswedan menyampaikan masa jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta tinggal 2 bulan lagi. Hal itu disampaikan Anies setelah menjadi inspektur upacara peringatan HUT ke-77 RI di Plaza Monas Selatan, Jakarta Pusat.

Upacara dilaksanakan di Plaza Selatan Monas, Jakarta Pusat, Rabu (17/8/2022). Upacara dimulai pada pukul 07.00 WIB. Anies didampingi Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria beserta jajaran kepala dinas di Pemprov DKI.

Peserta upacara terdiri atas pegawai di instansi Pemprov DKI dengan mengenakan pakaian dinas harian (PDH). Selain itu, ada Paskibra dan korps musik pengiring upacara.

Terlihat barisan diatur sedemikian rupa. Seluruh peserta dan tamu undangan memakai masker. Upacara bendera berlangsung dengan khidmat.

Seusai menjadi inspektur, Anies pun memberikan keterangan pers. Awalnya Anies berbicara mengenai upacara HUT RI. Anies mengatakan setiap warga negara memiliki tanggung jawab untuk meneruskan janji kemerdekaan.

"Pada saat kita mengikuti upacara ini, menjadi peringatan bahwa kita punya tanggung jawab besar untuk meneruskan dan menuntaskan semua yang menjadi janji kemerdekaan. Dengan begitu, kegiatan upacara yang kita selenggarakan adalah sebuah pengingat untuk kita seperti pesan dalam tema 77 tahun kemerdekaan bisa bangkit lebih cepat dan insyaallah Jakarta memang bisa bangkit lebih cepat," kata Anies seusai menjadi inspektur upacara di Plaza Selatan Monas, Rabu (17/8/2022).

Anies mengatakan waktu pengibaran bendera Merah-Putih saat ini berbeda dengan masa perjuangan kemerdekaan dulu. Pada saat masa perjuangan itu, tambah Anies, diperlukan waktu puluhan tahun hingga mengorbankan jutaan tenaga untuk dapat mengibarkan bendera Merah-Putih.

"Naiknya Sang Merah-Putih hari ini hanya perlu waktu 4 menit. Untuk masa perjuangan dulu, diperlukan waktu puluhan tahun, jutaan orang menghibahkan nyawanya, tenaganya, untuk Sang Merah-Putih bisa berkibar," jelasnya.

Anies kemudian meminta kepada semua pihak untuk meneruskan perjuangan dan menunaikan semua janji kemerdekaan. Dia juga meminta untuk mengingat perjuangan para pahlawan yang telah berkontribusi untuk kemerdekaan Indonesia.

"Kita bertanggung jawab untuk meneruskan dan kita punya bukan beban, tapi kita punya kehormatan, kita dapat kehormatan untuk bekerja atas nama negara, menunaikan semua yang menjadi janji kemerdekaan sehingga di dalam kita mengheningkan cipta ingatlah perjuangan mereka dan renungkan tentang kontribusi kita hari ini untuk negara," ujar Anies.

Simak juga video 'Anies: Republik Ini Dibangun Bukan dengan Program Tapi dengan Gerakan':

[Gambas:Video 20detik]



Anies berbicara mengenai masa jabatan sebagai Gubernur DKI pada halaman berikut.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT