ADVERTISEMENT

Anies: Gubernur DKI Akan Selalu Ada, Anies Tugasnya Tinggal 2 Bulan

Nahda Rizki Utami - detikNews
Rabu, 17 Agu 2022 09:35 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Nahda/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bicara terkait DKI Jakarta yang diharapkan bangkit lebih cepat sesuai dengan tema 77 tahun kemerdekaan Indonesia. Anies kemudian menyebut Gubernur DKI Jakarta akan selalu ada, sedangkan masa jabatannya tinggal dua bulan lagi.

"Pada saat kita mengikuti upacara ini, menjadi peringatan bahwa kita punya tanggung jawab besar untuk meneruskan dan menuntaskan semua yang menjadi janji kemerdekaan. Dengan begitu, kegiatan upacara yang kita selenggarakan adalah sebuah pengingat untuk kita seperti pesan dalam tema 77 tahun kemerdekaan bisa bangkit lebih cepat dan insyaallah Jakarta memang bisa bangkit lebih cepat," kata Anies seusai menjadi inspektur upacara di Plaza Selatan Monas, Rabu (17/8/2022).

Anies menuturkan pengibaran bendera Merah-Putih yang saat ini hanya memerlukan waktu empat menit, berbeda dengan pada saat masa perjuangan. Anies mengatakan pada saat masa perjuangan, diperlukan waktu puluhan tahun hingga mengorbankan jutaan tenaga untuk dapat mengibarkan bendera Merah-Putih.

"Naiknya Sang Merah-Putih hari ini hanya perlu waktu 4 menit. Untuk masa perjuangan dulu, diperlukan waktu puluhan tahun, jutaan orang menghibahkan nyawanya, tenaganya, untuk Sang Merah-Putih bisa berkibar," jelasnya.

Anies kemudian meminta kepada semua pihak untuk meneruskan perjuangan dan menunaikan semua janji kemerdekaan. Dia juga meminta untuk mengingat perjuangan para pahlawan yang telah berkontribusi untuk kemerdekaan Indonesia.

"Kita bertanggung jawab untuk meneruskan dan kita punya bukan beban, tapi kita punya kehormatan, kita dapat kehormatan untuk bekerja atas nama negara, menunaikan semua yang menjadi janji kemerdekaan sehingga di dalam kita mengheningkan cipta ingatlah perjuangan mereka dan renungkan tentang kontribusi kita hari ini untuk negara," ujar Anies.

Anies kemudian mengatakan Gubernur DKI Jakarta akan selalu ada di Jakarta. Sedangkan masa jabatannya tinggal dua bulan lagi.

"Jadi harus diingat bahwa Gubernur selalu ada, Anies yang tugasnya tinggal 2 bulan," imbuhnya.

Karena itu, Anies menuturkan Jakarta harus terus menjalankan sejumlah tugas-tugas, seperti memastikan kesehatan warganya terjaga, memastikan pendidikan bagi warganya tersedia, hingga peluang kerja yang lebih luas.

Karena itu, DKI Jakarta akan terus menjalankan tugasnya untuk memastikan bahwa kesehatan terjaga, pendidikan tersedia, peluang kerja lebih luas lagi, kesempatan untuk mendapatkan kegiatan perekonomian makin luas, jadi bangkit itu dalam semua aspek, ya semangatnya meningkat, ya karyanya lebih banyak, dan harapannya tiap-tiap keluarga pun merasakan perasaan kebangkitan yang sama," ucap Anies.

Simak video 'Republik Ini Dibangun Bukan dengan Program Tapi Dibangun dengan Gerakan':

[Gambas:Video 20detik]



(idh/idh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT