ADVERTISEMENT

Tengok Progres Revitalisasi Jalur Pedestrian Kota Tua yang Rampung Bulan Ini

Adrial Akbar - detikNews
Rabu, 17 Agu 2022 19:35 WIB
Progres revitalisasi pedestrian Kota Tua
Progres revitalisasi jalur pedestrian Kota Tua (Adrial Akbar/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta menargetkan revitalisasi jalur pedestrian Kota Tua selesai bulan ini. Begini progres revitalisasinya saat ini.

Pantauan detikcom di lokasi Rabu (17/8/2022), masih ditemukan proses pengerjaan di sekitar wilayah Kota Tua. Di sisi barat dari Stasiun Jakarta Kota, terlihat beberapa pekerja sedang melakukan pekerjaannya.

Area ini paling terlihat banyak pekerjaan yang belum rampung. Pasir dan paving block masih tertumpuk bersebelahan dengan jalur kendaraan.

Sementara itu, di Jalan Pintu Besar Utara, tepatnya di depan Museum Bank Indonesia, jalur kendaraan bermotor jadi menyempit. Ruas jalan dibagi menjadi dua, untuk kendaraan yang keluar dari arah Jalan Kemukus, dan untuk kendaraan yang masuk ke Jalan Pintu Besar Utara.

Debu sisa pembangunan masih terlihat dan belum dibersihkan. Sedangkan kondisi jalur pedestrian dari Jalan Lada menuju Museum Fatahilah (di seberang Museum Bank Indonesia) masih ditemui beberapa trotoar yang bolong karena belum dipasangi paving block.

Terlihat pula beberapa stok material berupa pasir, semen, dan paving block yang masih ditumpuk. Untuk pembangunan trotoar di depan Stasiun Kota atau Jalan Lada, sudah tidak terlihat adanya proyek pembangunan. Jalan pun sudah dapat dilalui sepenuhnya oleh pejalan kaki.

Sempat Terkendala Longsor

Pemprov DKI Jakarta menargetkan proyek revitalisasi jalur pedestrian di kawasan Kota Tua rampung bulan ini. Kemacetan di jalan sekeliling Kota Tua sempat dikeluhkan warga.

"Insyaallah di bulan Agustus ini kita selesaikan ya," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai kota DKI Jakarta, Selasa (9/8/2022).

Riza mengakui pengerjaan proyek tersebut sempat terkendala kejadian longsor di sekitar lokasi. Kendati begitu, dia memastikan pengerjaan revitalisasi bisa diselesaikan dalam waktu dekat.

"(Sempat) ada kejadian longsor sedikit, tapi insyaallah bisa diatasi, dalam beberapa hari ke depan di bulan Agustus ini," jelasnya.

Lihat juga video 'Yuk Kelilingi Bangunan Klasik Bersejarah di Kota Tua':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/eva)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT