ADVERTISEMENT

Sempat Terkendala Longsor, Revitalisasi Kota Tua Akan Rampung Bulan Ini

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 09 Agu 2022 13:48 WIB
Penataan kawasan Kota Tua Jakarta terus dikebut. Meski belum rampung, namun penataan ulang itu sudah mulai terlihat. Ini penampakannya.
Revitalisasi Kota Tua (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta menargetkan proyek revitalisasi jalur pedestrian di kawasan Kota Tua rampung pada bulan ini. Kemacetan di jalan sekeliling Kota Tua sempat dikeluhkan warga.

"Insyaallah di bulan Agustus ini kita selesaikan ya," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai kota DKI Jakarta, Selasa (9/8/2022).

Riza mengakui pengerjaan proyek tersebut sempat terkendala kejadian longsor di sekitar lokasi. Kendati begitu, dia memastikan pengerjaan revitalisasi bisa diselesaikan dalam waktu dekat.

"(Sempat) ada kejadian longsor sedikit tapi insyaallah bisa diatasi, dalam beberapa hari ke depan di bulan Agustus ini," jelasnya.

Seperti diketahui, Sudah setahun lebih Kota Tua Jakarta ditutup dari kendaraan bermotor. Proyek pengerjaan jalur pedestrian dijalankan sejak saat itu demi mewujudkan Kawasan Rendah Emisi (Low Emission Zone/LEZ) Kota Tua. Kini proyek sudah hampir kelar.

"Sudah 98 persen," kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho kepada detikcom, Rabu (3/8).

Pada 27 Juli kemarin, detikcom Do Your Magic meninjau Kota Tua. Ada proyek mengubah jalan aspal menjadi jalur pedestrian di Jl Kemukus dan Jl Lada. Ada pula pengerjaan proyek trotoar di Jl Pintu Besar Utara, terlihat tumpukan batu paving untuk trotoar sedang dipasang oleh para pekerja.

Jl Pintu Besar Utara, tepatnya di depan Museum Bank Indonesia, tampak masih dilewati pengendara, baik pemobil maupun pemotor. Namun ruas jalan yang bisa dilewati itu terlihat tidak begitu luas. Beberapa ruas jalan sudah diubah menjadi trotoar.

Kemudian, di depan Museum Bank Mandiri, jalan tampak dibagi menjadi dua bagian. Ruas jalan satu untuk kendaraan yang keluar dari arah Jl Kemukus, sementara ruas jalan lainnya untuk kendaraan yang masuk menuju Jl Pintu Besar Utara.

Lihat juga Video: Revitalisasi TMII Ditargetkan Rampung Akhir Juli, Mulai Dibuka Agustus

[Gambas:Video 20detik]




(taa/idn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT