ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Pengerjaan Proyek Jalur Pedestrian Kota Tua Jakarta Sudah 98%

Danu Damarjati - detikNews
Rabu, 03 Agu 2022 13:08 WIB
Penataan kawasan Kota Tua Jakarta terus dikebut. Meski belum rampung, namun penataan ulang itu sudah mulai terlihat. Ini penampakannya.
Kawasan Kota Tua, Jakarta (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Sudah setahun lebih Kota Tua Jakarta ditutup dari kendaraan bermotor. Kemacetan di jalanan sekeliling Kota Tua sempat dikeluhkan warga. Proyek pengerjaan jalur pedestrian dijalankan sejak saat itu demi mewujudkan Kawasan Rendah Emisi (Low Emission Zone/LEZ) Kota Tua. Kini proyek sudah hampir kelar.

"Sudah 98 persen," kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho kepada detikcom, Rabu (3/8/2022).

Proyek revitalisasi jalur pedestrian di kawasan Kota Tua akan selesai pada bulan ini juga, Agustus 2022. Tak perlu menunggu akhir bulan untuk menunggu jalur pedestrian di sini selesai.

"Pertengahan Agustus," kata Hari.

Pada 27 Juli kemarin, detikcom Do Your Magic meninjau Kota Tua. Ada proyek mengubah jalan aspal menjadi jalur pedestrian di Jl Kemukus dan Jl Lada. Ada pula pengerjaan proyek trotoar di Jl Pintu Besar Utara, terlihat tumpukan batu paving untuk trotoar sedang dipasang oleh para pekerja.

Proyek jalur pedestrian di Jl Pintu Besar Utara, Kawasan Kota Tua Jakarta.Proyek jalur pedestrian di Jl Pintu Besar Utara, Kawasan Kota Tua Jakarta. (Mulia Budi/detikcom)

Jl Pintu Besar Utara, tepatnya di depan museum Bank Indonesia, tampak masih dilewati pengendara, baik pemobil maupun pemotor. Namun ruas jalan yang bisa dilewati itu terlihat tidak begitu luas. Beberapa ruas jalan sudah diubah menjadi trotoar.

Kemudian, di depan Museum Bank Mandiri, jalanan tampak dibagi menjadi dua bagian. Ruas jalan satu untuk kendaraan yang keluar dari arah Jl Kemukus, sementara ruas jalan lainnya untuk kendaraan yang masuk menuju Jl Pintu Besar Utara.

Lihat juga video 'Estetik! Yuk Kelilingi Bangunan Klasik Bersejarah di Kota Tua':

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT