ADVERTISEMENT

Pakai Setelan Jas, Jokowi Tiba di DPR Sampaikan Pidato RUU APBN 2023

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Selasa, 16 Agu 2022 14:03 WIB
Jokowi tiba di DPR untuk menyampaikan pidato RUU APBN 2023
Jokowi tiba di DPR untuk menyampaikan pidato RUU APBN 2023 (Foto: Tangkapan layar YouTube DPR)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali tiba di gedung MPR/DPR RI menjelang pidato penyampaian pengantar/keterangan pemerintah atas RUU tentang APBN tahun anggaran 2023. Sebelumnya memakai pakaian adat, kini Jokowi berganti gaya dengan mengenakan setelan jas.

Pantauan detikcom di lokasi, Selasa (16/8/2022) Jokowi tiba pukul 13.28 WIB. Tiba di Gedung Kura-kura, Jokowi disambut Ketua DPR Puan Maharani serta para wakil pimpinan, yakni Sufmi Dasco Ahmad, Rachmat Gobel, Lodewijk Paulus, hingga Muhaimin Iskandar. Jokowi juga disambut Wapres Ma'ruf Amin, yang tiba lebih dulu di lokasi.

Kedatangan Jokowi itu juga diiringi oleh marching band di lobi utama gedung Nusantara. Jokowi tampak berbincang sebentar dengan para tokoh yang menyambut setelah itu langsung masuk ke ruangan sidang.

Diketahui, MPR RI menggelar sidang tahunan dan sidang bersama DPR RI serta DPD RI hari ini. Di sesi pertama Jokowi menyampaikan pidato kenegaraannya.

Di pidato pertama itu, Jokowi mengenakan pakaian adat Bangka Belitung. Baju ini terdiri dari jubah panjang sebatas betis, celana panjang, selempang dan kain tenun cual khas Bangka. Sedangkan untuk penutup kepala dipakaikan sungkon.

Warna yang dipilih adalah hijau tua dengan ornamen hiasan bermotif Pucuk Rebung. Sementara pakaian Iriana disiapkan sendiri.

Tonton juga Video: Wanti-wanti Jokowi soal Pemilu: Jangan Ada Lagi Politik Identitas!

[Gambas:Video 20detik]



(fca/eva)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT