ADVERTISEMENT

Puan Minta Pemerintah Lebih Gencar Sosialisasikan IKN

Nahda Rizki Utami - detikNews
Selasa, 16 Agu 2022 13:45 WIB
Puan Maharani
Puan Maharani (Foto: dok. DPR RI)
Jakarta -

Ketua DPR RI Puan Maharani bicara terkait pembangunan ibu kota negara (IKN) dalam pidatonya di sidang tahunan 2022. Puan meminta kepada pemerintah untuk lebih gencar sosialisasi terkait pembangunan ibu kota negara (IKN).

"Terkait dengan IKN, DPR sudah mengesahkan undang-undang terkait dengan IKN. Karenanya, memang untuk memaknai pelaksanaan dari pembangunan IKN sebagai salah satu tempat pemerataan ekonomi nasional," kata Puan kepada wartawan, Selasa (16/8/2022).

Puan menyebut telah meminta kepada pemerintah untuk mensosialisasikan perkembangan IKN. Perkembangan itu, sambung Puan, terkait dengan peta jalan IKN hingga prioritas pembangunan IKN.

"Kami berharap seluruh elemen bangsa itu bisa memaknainya secara sama dan konkret. Jadi saya sudah menyampaikan kepada pemerintah harus lebih gencar untuk melaksanakan sosialisasi terkait dengan IKN," jelas Puan.

"Apa yang akan dilakukan, bagaimana peta jalannya, prioritasnya bagaimana, pembangunannya bagaimana, bagaimana kemudian swasta kemudian seluruh elemen bangsa bisa ikut berpartisipasi dalam pembangunan IKN," tambahnya.

Puan kemudian menjelaskan apa yang telah disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait IKN yang dibangun bukan hanya untuk para ASN. Dia berharap masyarakat umum juga ikut berpartisipasi.

"Dalam pidato yang disampaikan Presiden, Presiden menyampaikan bahwa IKN bukan hanya untuk ASN saja, tapi bagaimana juga para swasta, masyarakat umum bisa ikut berpartisipasi," sebut Puan.

Lebih lanjut, Puan menuturkan pada Juli ini pemerintah telah melakukan pelaksanaan infrastruktur di wilayah IKN. Setelah itu, DPR akan melakukan pengawasan terkait pembangunan IKN.

"IKN baru saja dimulai kalau menurut laporan pemerintah bulan Juli ini kita baru akan melakukan pelaksanaan infrastruktur yang kemudian mulai dilaksanakan di IKN. Tentu saja dengan fungsi pengawasannya secara berkesinambungan DPR akan melakukan fungsi pengawasan terkait dengan pembangunan IKN," ujar Puan.

Simak Video: Puan: Masyarakat Sudah Dewasa dalam Menghadapi Perbedaan Politik

[Gambas:Video 20detik]




(nhd/eva)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT