ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Rencana Perbaikan Atap SDN Pancoranmas 3 Depok Mundur ke September

Mulia Budi - detikNews
Selasa, 16 Agu 2022 11:58 WIB
SDN Pancoranmas 3 Depok masih porak-poranda, 23 Juni 2022. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)
SDN Pancoranmas 3 Depok masih porak-poranda, 23 Juni 2022. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)
Jakarta -

Atap dua ruang kelas SDN Pancoranmas 3 Depok, Jawa Barat, sudah empat bulan ambruk lantaran angin kencang. Setelah direncanakan akan dikerjakan pekan ini, rencana perbaikan atap itu mundur. Perbaikan akan dilakukan September mendatang.

"Pelaksanaan nanti di Oktober, pelaksanaan udah pembangunan ya, fisiknya, paling cepet akhir September paling lama akhir Oktober. Menurut informasinya kemarin seperti itu," kata Kepala Operator SDN Pancoranmas 3 Yudhi Syahwaludi saat dimintai konfirmasi, Selasa (16/8/2022).

Atap dua kelas itu sebelumnya direncanakan akan diperbaiki minggu ketiga bulan ini. Meski mundur, Yudi menilai hal itu tetap menunjukkan keseriusan pemerintah memperbaiki tempat belajar tersebut.

"Sangat memprihatinkan sebenarnya (kondisinya). Cuma sudah ada hasil rapat seperti ini ya ada titik terang berati ada keseriusan untuk diperbaiki," ujarnya.

Para guru merasa khawatir lantaran seringnya turun hujan belakangan ini. Dia menyebut air hujan dari kelas yang atapnya ambruk di lantai 2 kerap merembas ke kelas di bawahnya yang berada di lantai 1.

"Nah sekarang takutnya nih hujan-hujan siang kayak begini nih, akan rembas airnya takutnya, udah mendung kayak gini," ujarnya.

Seorang pekerja melihat kondisi ruang kelas yang atapnya ambruk di SDN Pancoranmas 3, Depok, Jawa Barat, Rabu (20/4/2022). Dua ruangan kelas di SDN Pancoranmas 3 tersebut mengalami kerusakan pada bagian atap bangunan yang ambruk akibat hujan deras disertai angin kencang pada Selasa (19/4) sore. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/tom.Seorang pekerja melihat kondisi ruang kelas yang atapnya ambruk di SDN Pancoranmas 3, Depok, Jawa Barat, Rabu (20/4/2022). Dua ruangan kelas di SDN Pancoranmas 3 tersebut mengalami kerusakan pada bagian atap bangunan yang ambruk akibat hujan deras disertai angin kencang pada Selasa (19/4) sore. (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/tom)

Dia berharap pengerjaan perbaikan atap ambruk dua ruang kelas itu tak lagi mundur dari bulan Oktober. Dia menyebut para guru di SDN Pancoranmas 3 memilih fokus memberi pengajaran bagi siswa.

"Ya harapan kami agar bisa cepet terlaksana, biar nggak molor-molor banget, tapi kita fokus ke pendidikan, kita belajar mengajar emang tugas pokok kita mendidik ya sebenernya, kita didik gitu untuk siswa, tapi kan biar bagaimana pun penunjang sarana itu harus ada," tuturnya.

Awalnya direncanakan Agustus ini

Dua atap ruang kelas di SDN Pancoranmas 3 Depok yang rusak akan segera diperbaiki. Pengerjaan fisik ditargetkan pada pekan ketiga di bulan Agustus, atau pekan ini. Namun hingga kini, perbaikan belum dimulai.

"Sedang berproses administrasi. Mungkin minggu ketiga Agustus, pekerjaan fisik dimulai," papar Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Supian Suri saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (12/8) lalu.

Diketahui, Pemkot Depok menganggarkan Rp 300 juta untuk perbaikan atap SDN Pancoranmas 3 Depok. Pengadaan anggaran ini melalui pengajuan dana BTT (belanja tidak terduga) tahun 2022.

(dnu/dnu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT