ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Atap Masih Jebol, SDN Pancoranmas 3 Depok Waswas Hujan Saat Jam Sekolah

Mulia Budi - detikNews
Senin, 25 Jul 2022 16:11 WIB
SDN Pancoranmas 3 Depok, atapnya masih jebol, 15 Juli 2022. (Mulia Budi/detikcom)
Atap SDN Pancoranmas 3 Depok, masih jebol, 15 Juli 2022. (Mulia Budi/detikcom)
Depok -

SDN Pancoranmas 3 di Depok, Jawa Barat, harus tetap menjalankan kegiatan belajar mengajar di tengah kekurangan ruangan kelas. Di lantai atas, ada dua atap sekolah yang masih menganga dan belum juga diperbaiki oleh pemerintah.

Kepala Operator SDN Pancoranmas 3, Yudhi Syahwaludi, mengatakan ada 12 ruang kelas di SDN Pancoranmas 3. Namun, dua kelas di lantai 2 sekolah tersebut belum bisa digunakan karena atapnya masih ambruk akibat diterjang angin kencang, April lalu.

Kondisi dua kelas yang atapnya ambruk itu berdampak pada dua kelas di bawahnya di lantai 1. Yudhi mengatakan, saat hujan turun, air dari kelas itu akan merembes ke kelas yang berada tepat di bawahnya.

"Memang yang ruangan atas itu atapnya udah (ambruk) air pasti masuk walaupun itu dicor air itu akan rembes ke bawah, kalau hujan itu seperti air gerimis air hujan gitu karena emang menggenang," kata Yudhi di sekolahan ini, Senin (25/7/2022).

Dia mengatakan, ketika hujan turun, dua kelas di lantai 1 yang berada tepat di bawah dua kelas yang atapnya ambruk itu tidak bisa digunakan. Dia menyebut sekolah bakal memulangkan siswa di dua kelas itu saat hujan turun ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung.

"Kalau ruangan sebenarnya ada 12, termasuk 2 yang atapnya ambruk berati kan tinggal 10, ada ruangan yang rusak di bawahnya itu, jadi kalau hujan itu air ngalir, bocor, walaupun itu dicor. Jadi kan ada 2 (lagi yang rusak) berati ada 8 ya kan," tutur Yudhi.

"Tapi seumpama saat hujan kita pulangin siswa tapi kalau nggak ada hujan seperti ini aman," imbuh Yudhi.

Kepala Operator SDN Pancoranmas 3, Yudhi SyahwaludiKepala Operator SDN Pancoranmas 3, Yudhi Syahwaludi (Mulia Budi/detikcom)

Dia mengatakan para guru fokus memberikan pembelajaran terbaik untuk siswa di SDN Pancoranmas 3 di tengah kurangnya ruangan kelas. Dia menyebut hujan deras belum pernah turun saat proses belajar berlangsung.

"Sampai saat ini alhamdulillah belum (pernah memulangkan siswa) karena belum pas bareng hujan, tapi antisipasi saya dan kepala sekolah di sini untuk memberikan yang terbaik lah buat siswa fokus untuk mengajar," ujarnya.

Dia mengatakan para guru juga merasa cemas jika hujan deras turun di malam hari. Dia menyebut petugas kebersihan sekolah harus bersiap lebih pagi untuk mengeringkan lantai kelas yang basah akibat rembasan air dari dua kelas yang atapnya ambruk.

"Iya (waswas) belum pernah kejadian. Semoga jangan. Tapi kan antisipasinya gitu. Kalau malam hujan aja kita udah mikir itu airnya," ucapnya.

Kondisi SDN Pancoranmas 3 yang atapnya masih belum diperbaiki, Senin (25/7/2022).Kondisi SDN Pancoranmas 3 yang atapnya masih belum diperbaiki, Senin (25/7/2022). (Mulia Budi/detikcom)

Selain itu, dia mengatakan ada satu ruangan kelas di SDN Pancoranmas 3 yang juga rusak. Menurutnya, saat hujan turun ketika proses belajar berlangsung, hanya ada 7 kelas yang bisa digunakan.

"Ada satu ruangan lagi yang rusaknya mencapai 30 persen langit-langitnya otomatis tinggal 7 (kelas) kan," tuturnya.

Lebih lanjut, Yudhi berharap perbaikan atap yang ambruk itu dapat segera dilakukan. Menurutnya, Dinas Pendidikan (Disdik) serta Dinas Perumahan dan Permukiman (Rumkin) juga telah bekerja keras mengatasi permasalahan atap ambruk tersebut.

"Saya yakin Dinas Pendidikan dan Rumkin semua udah bekerja keras untuk mengatasi masalah ini kan, karena memang ini sudah berapa bulan semenjak tanggal 19 April bulan puasa sampai saat ini. Kami yakin mereka itu sudah bekerja keras mengantisipasi cuman kita nggak tahu kendalanya di apa," terangnya.

Diketahui, Pemkot Depok menganggarkan Rp 300 juta untuk perbaikan atap SDN Pancoranmas 3 Depok. Pengadaan anggaran ini melalui pengajuan dana BTT (belanja tidak terduga) tahun 2022.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri, mengatakan pembahasan anggaran itu sudah dilakukan pada Rabu (6/7/2022) kemarin. Perbaikan direncanakan bisa dilakukan dalam waktu dekat.

"Ya, itu kita sedang proses SDN Pancoranmas 3 untuk BTT 2022. Insyaallah dalam waktu dekat sudah dibangun melalui dana BTT kita," papar Supian Suri di RPH Kota Depok di wilayah Tapos, Kamis (7/7).

Supian tidak menjelaskan detail anggaran perbaikan atap itu. Namun, menurut dia, dana yang disiapkan sekitar Rp 300 juta.

(dnu/dnu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT