ADVERTISEMENT

Serba-serbi Baju Adat Bangka Belitung, Dipakai Jokowi di Sidang Tahunan

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Selasa, 16 Agu 2022 10:04 WIB
jokowi
Presiden Jokowi memakai baju adat Paksian. (20Detik)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memakai baju adat Bangka Belitung saat menyampaikan pidato kenegaraan di sidang tahunan MPR di gedung DPR/MPR. Baju adat Bangka Belitung diketahui merupakan perpaduan antara budaya Arab dan Tionghoa.

Dikutip dari laman Wonderful Indonesia Kemenparekraf, pakaian adat Bangka Belitung adalah jenis baju adat khas daerah Bangka Belitung yang memiliki perpaduan kebudayaan Arab dan Tionghoa. Semua berawal saat saudagar Arab yang berdagang di kawasan Bangka Belitung menikah dengan perempuan Tionghoa dan mengenalkan pakaian adat untuk pernikahan yang bercorak Arab dan Tionghoa.

Karena pakaian tersebut terlihat indah dan menarik, masyarakat adat setempat mulai mengenakan pakaian yang sama seterusnya. Hanya, dipadukan dengan corak kebudayaan Bangka Belitung setempat.

Pakaian adat Bangka Belitung adalah jenis pakaian yang umumnya dipakai pada acara pernikahan. Pakaian ini merupakan wujud beberapa akulturasi dari kebudayaan Arab, Tionghoa, dan Melayu. Nama pakaian adat Bangka Belitung ini akrab disebut Baju Seting dan Kain Cual.

Baju Seting merupakan pakaian adat yang digunakan khusus oleh wanita. Baju seting adalah baju kurung Bangka Belitung yang berwarna merah dan terbuat dari kain beludru atau kain sutra.

Selain pakaian adat khusus perempuan, terdapat setelan pakaian adat Bangka Belitung khusus untuk laki-laki. Para laki-laki Bangka Belitung menggunakan jubah Arab merah tua yang dipadupadankan dengan selendang atau selempang yang disampirkan pada bahu kanan. Untuk bawahannya, mereka dapat menggunakan celana dengan warna yang yang dipadukan.

Baik atasan jubah maupun bawahan celana, dilengkapi juga dengan aksesori dan pernak-pernik yang sesuai seperti halnya dengan baju adat Bangka Belitung khusus perempuan. Para laki-laki Bangka Belitung pun menggunakan pending selop atau sandal Arab di kakinya untuk alas kaki. Baju Adat Bangka Belitung Pengantin Perempuan.

Simak video 'Jokowi Hadir di Sidang Tahunan MPR Pakai Baju Adat Paksian':

[Gambas:Video 20detik]



Apa alasan Jokowi memilih pakaian adat ini? Baca halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT