ADVERTISEMENT

Pemkot Jaksel Siapkan Tempat PKL Tebet Eco Park di Sekitar Rusun Harum

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 14 Agu 2022 13:21 WIB
Tebet Eco Park
Tebet Eco Park (Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan menyiapkan lokasi untuk pedagang kaki lima (PKL) Tebet Eco Park di sekitar Rusun Harum Tebet. Lokasi penampungan diletakkan di luar Tebet Eco Park supaya area sekitar taman terbebas dari PKL.

"Ada penampungan kaki lima di sebelah Rumah Susun (Rusun) Harum kita siapkan juga. Tapi terbatas ya, yang pasti kita persiapkan area untuk pedagang UMKM supaya tidak ada lagi kaki lima yang berjualan di sekitaran Tebet Eco Park," kata Camat Tebet Dyan Airlangga saat dikonfirmasi, Minggu (14/8/2022).

Dyan menuturkan area tersebut dapat menampung 50 PKL. Adapun pedagang yang menempati lokasi baru itu mayoritas sudah lama berjualan di sekitar taman.

"Sudah didata, jadi pedagang sekitar Tebet Eco Park saja yang mereka sudah lama berjualan di sekitar sana juga beberapa pedagang di pinggiran Tebet Eco Park kita masukkan semua ke lokasi," jelasnya.

"Jadi clear, ketika operasional tidak boleh lagi ada kaki lima yang jualan di sekitar Tebet Eco Park," sambungnya.

Di samping itu, Pemkot Jaksel menyiapkan kantong parkir pengunjung di lahan milik Sarana Jaya yang berjarak sekitar 200 meter dari Tebet Eco Park. Lokasi ini mampu menampung sekitar 100 unit mobil dan 200 motor.

"Beberapa kantong parkir yang sudah kita siapkan salah satunya di lahan milik Sarana Jaya kita jadikan sebagai kantong parkir sementara," ujarnya.

Dyan menyebut operasional Tebet Eco Park bakal dibagi menjadi dua sesi. Di mana kapasitas pengunjung per sesinya maksimal 4.000 orang di hari kerja dan 5.000 orang di akhir pekan.

"Kalau nggak salah sehari (total) 8.000 weekdays, 4.000 sesi pertama dan 4.000 sesi kedua," tandasnya.

Sebagaimana diketahui, Pemprov DKI Jakarta bakal membuka kembali Tebet Eco Park pada 15 Agustus 2022. Taman yang berlokasi di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, ini sebelumnya ditutup pada Juni lalu.

"Mulai 15 Agustus 2022 Tebet Eco Park kembali dibuka," demikian keterangan yang disampaikan Instagram @tebetecopark, seperti dilihat, Minggu (14/8).

Pemprov DKI menerapkan sejumlah kebijakan kepada pengunjung. Salah satunya membatasi jumlah pengunjung harian demi mengantisipasi terjadinya penumpukan di area taman.

Kemudian, operasional taman pun terbagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pertama pukul 07.00-11.00 WIB, lalu sesi kedua pukul 13.00-17.00 WIB. Pengunjung wajib mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui aplikasi JAKI.

Simak Video 'Tebet Eco Park Dibuka Lagi Besok, Ini Aturan Masuknya':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT