ADVERTISEMENT

Sambut HUT RI, HNW Gelar Syukuran & Pesta Rakyat Bareng Warga Jakarta

Erika Dyah Fitriani - detikNews
Sabtu, 13 Agu 2022 21:52 WIB
MPR
Foto: dok. MPR RI
Jakarta -

Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid menyelenggarakan syukuran dan Pesta Rakyat dengan warga Jakarta. Kegiatan yang bekerja sama dengan DPD PKS Jakarta Pusat dan Selatan ini digelar dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-77 sekaligus sosialisasi 4 Pilar MPR-RI.

"Syukuran yang penuh keceriaan menyambut peringatan HUT Kemerdekaan RI bersama rakyat warga Jakarta ini juga untuk menyegarkan kembali semangat kolektif kebangsaan kita, sekaligus membuktikan lebih lanjut peran Partai Politik di dalam memperjuangkan Indonesia Merdeka, menyepakati dasar Negara Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, bahkan menyelamatkan Republik Indonesia agar hadir sesuai cita-cita yang disepakati dalam PPKI yaitu menjadi NKRI," tutur Hidayat dalam keterangannya, Sabtu (13/8/2022).

Anggota DPR-RI Dapil Jakarta II yang meliputi Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, dan Luar Negeri ini pun menilai wajar jika di antara kegiatan partai politik sekarang dimaksudkan untuk membahagiakan masyarakat.

"Agar bersama-sama berkontribusi untuk terwujudnya cita-cita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, untuk kebaikan masa depan bangsa dan negara," sambungnya.

Diketahui, kegiatan syukuran dan Pesta Rakyat kali ini menghadirkan berbagai kegiatan sehat dan menggembirakan. Salah satunya perlombaan tradisional yang populer di kalangan warga, seperti pesan berantai, estafet tepung, bakiak, makan kerupuk, balap karung, dan tarik tambang.

Ada juga lomba senam nusantara Go PKS Go dalam kegiatan syukuran ini. Selain itu, pria yang akrab disapa HNW ini juga menggandeng UMKM binaan dan UMKM di sekitar lokasi agar mereka bisa menjajakan penganannya untuk dinikmati secara gratis oleh para peserta.

"Kegiatan dan perlombaan seperti ini mengajarkan kita nilai sportivitas, atau dalam kata lain keadilan, suatu nilai yang disebut dua kali di dalam Pancasila," kata Hidayat.

"Mari kita sambut HUT Kemerdekaan RI dengan syukur dan gembira, agar harapan pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat dari dampak dari COVID-19, betul bisa dihadirkan, sehingga COVID-19 tidak menodai kesyukuran atas kemerdekaan RI," tambahnya.

Lebih lanjut, Wakil Ketua Majelis Syura PKS ini mengingatkan di momen kali ini terhimpun tiga peristiwa, yakni sejarah kemerdekaan, sejarah keumatan dengan tahun baru Hijriah, serta mengisi kemerdekaan dengan segera bangkit merdeka dari dampak negatif maupun penjajahan COVID-19.

"Jangan dilupakan bahwa Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 bertepatan dengan hari Jumat, tanggal 9 bulan Ramadan di mana Umat Islam termasuk para pendiri bangsa sedang menjalankan ibadah puasa. Ini menunjukkan bahwa sejak awal, para Founding Fathers memahami dan menerima fakta bahwa aktivitas bernegara dan beragama bisa berjalan beriringan, dan tidak perlu dibenturkan," ujar Hidayat.

Hidayat berharap dengan adanya syukuran dan Pesta Rakyat ini bisa semakin meningkatkan semangat kebersamaan dan kebangsaan antar masyarakat.

"Untuk mewujudkan keadilan dan kesejahteraan serta mengisi kemerdekaan, serta sebagai ajang silaturahmi dan kontribusi bagi guyub rukunnya warga Jakarta untuk semangat dan guyub rukunnya warga Indonesia mengawal dan mengisi kemerdekaan Indonesia," pungkasnya.

Sebagai informasi, kegiatan syukuran dan Pesta Rakyat ini diselenggarakan di Lapangan Blok S, Jakarta Selatan dan dimeriahkan ratusan peserta dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Ketua DPD PKS Jakarta Selatan, Al Mansur Hidayatullah, Ketua DPD PKS Jakarta Pusat, Ismail, dan Ketua Perisai Kebudayaan dan Seni, Babe Doel.

(prf/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT