ADVERTISEMENT

Waket MPR Minta Kegiatan Pramuka untuk Latih Fisik dan Mental Pemuda

Dea Duta Aulia - detikNews
Sabtu, 13 Agu 2022 13:55 WIB
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat saat mengikuti Sosialisasi Empat Pilar MPR dengan tema ‘Reinvensi Keindonesiaan Kita, Kepemimpinan Keindonesiaan dan Patriotisme dalam Indonesia Pascapandemi’ di Gedung Nusantara IV, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, di Senayan, Jakarta (11/6).
Foto: Dok. MPR RI
Jakarta -

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat meminta kegiatan Pramuka dijadikan sebagai wadah untuk mempersiapkan mental dan fisik generasi penerus bangsa dalam menjawab tantangan masa depan. Seluruh anggota Pramuka juga perlu untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan.

"Berbagai kegiatan Pramuka yang diperkenalkan sejak sekolah dasar harus mampu dimanfaatkan sebagai wahana untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan, mempersiapkan fisik dan mental yang tangguh dari generasi muda agar memiliki daya saing di masa datang," kata Lestari dalam keterangannya, Sabtu (13/8/2022).

Dalam menyambut Hari Pramuka ke-61, sudah selayaknya peran organisasi tersebut ditingkatkan menjadi satu wadah untuk mempersiapkan generasi muda secara ideologi dan memiliki daya saing tinggi.

"Nilai-nilai kebangsaan misalnya, bisa ditanamkan sejak dini. Demikian juga pelatihan kepemimpinan dan keterampilan yang mampu sekaligus melatih mental dalam berkompetisi," jelasnya.

Ia meyakini jika generasi bangsa sudah ditanamkan nilai-nilai kebangsaan sejak dini, maka bisa memiliki jiwa kepemimpinan dan keterampilan di berbagai bidang. Dampak besarnya berpotensi menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang tangguh.

Terakhir, ia turut mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk tidak bosan belajar. Sehingga keterampilan yang dimiliki dapat terus diasah.

"Seluruh lapisan masyarakat, terutama generasi muda untuk tidak bosan belajar dan mengasah keterampilan dan jiwa kepemimpinan agar mampu menjadi tulang punggung kebangkitan bangsa Indonesia di masa datang," katanya.

(prf/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT