ADVERTISEMENT

Suara Mahasiswa

Pimpinan Forum Mahasiswa: Kasus Brigadir J Harus Jadi Evaluasi Besar

Danu Damarjati - detikNews
Jumat, 12 Agu 2022 23:08 WIB
Angga Panusunan Siregar, Koordinator Pusat FL2MI. (Dok FL2MI)
Angga Panusunan Siregar, Koordinator Pusat FL2MI. (Dok FL2MI)
Jakarta -

Polri terus mengusut kasus pembunuhan Brigadir J (Nofriansyah Yoshua Hutabarat). Pimpinan Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia (FL2MI) meminta kasus 'polisi tembak polisi' ini dijadikan dasar evaluasi internal besar-besaran oleh Polri.

"Dari peristiwa atas kasus Brigadir J tersebut, saya nilai perlu adanya evaluasi besar-besaran di tubuh Polri dan juga wajib ditinjau kembali segala kasus yang ditangani oleh Bapak Irjen Ferdy Sambo," kata Koordinator Pusat FL2MI, Angga Panusunan Siregar, dalam keterangan tertulisnya kepada detikcom, Jumat (12/8/2022).

Angga kemudian mengambil contoh kasus-kasus yang pernah ditangani oleh Ferdy Sambo di masa lalu. Saat Sambo masih menjabat Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri, ada kasus penembakan enam laskar FPI yang disebut sebagai peristiwa 'KM 50'. Ada pula kasus kebakaran Kantor Kejaksaan Agung (Kejagung) pada 22 Agustus 2020.

"Hal ini yang juga perlu mendapat perhatian kembali agar menjawab perbincangan hangat yang terjadi di publik saat ini selain terombang-ambing atas motif yang sebenarnya terjadi mengenai kasus polisi tembak polisi ini. Kepercayaan terhadap aparat Kepolisian secara merata juga penting untik dipulihkan," ujar Angga, mahasiswa hukum Universitas Riau ini.

Angga selaku pimpinan FL2MI mengapresiasi langkah Polri mengusut kasus pembunuhan Brigadir J, yang belakangan diketahui ternyata Ferdy Sambo diduga menjadi otak pembunuhan itu. Sebelumnya, sempat terucap keterangan dari polisi sendiri bahwa peristiwa itu merupakan 'baku tembak'. Ternyata keterangan tersebut muncul berdasarkan olah tempat kejadian perkara (TKP) yang tidak profesional.

"Siapa lagi yang bisa dipercaya rakyat? Pejabat tinggi instansi pengayom masyarakat saja mampu membuat skenario palsu dan berlaku sadis seperti itu. Opini ini harus dijawab oleh Polri dengan langkah-langkah konkret yang tegas, jangan bicara menjaga perasaan pihak-pihak," kata Angga.

FL2MI adalah forum nasional atau aliansi kelembagaan legislatif mahasiswa setingkat perguruan tinggi nasional, seperti dewan perwakilan mahasiswa universitas, senat mahasiswa, badan legislatif mahasiswa, majelis mahasiswa, hingga bentuk-bentuk forum legislatif mahasiswa lainnya. Berdasarkan keterangan Angga, ada ratusan kampus yang tergabung dalam FL2MI. Forum ini punya 22 pengurus wilayah yang tersebar di beberapa provinsi.

(dnu/dnu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT