5 Fakta soal Eksekutor Pria Berkaus 'Captain America' di Bogor

ADVERTISEMENT

5 Fakta soal Eksekutor Pria Berkaus 'Captain America' di Bogor

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 12 Agu 2022 08:17 WIB
Polisi merilis kasus pembunuhan pria asal Kalimantan Barat di Kabupaten Bogor. (
Polisi merilis kasus pembunuhan pria asal Kalimantan Barat di Kabupaten Bogor. (Foto: M Solihin/detikcom)


4. Korban Dicekik lalu Dimasukkan dalam Karung

AK dan ketiga orang sewaannya, menghabisi Ahmad Nurcholys di dalam mobil di kawasan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, pada Sabtu (30/8/2022) sekitar pukul 03.00 WIB. Korban tewas setelah dibekap lalu dimasukkan ke karung dan dibuang di lokasi.

"Salah satu pelaku inisial AK yang duduk di kursi baris belakang, memiting leher korban, tersangka D membekap mulut korban dengan jaket sampai korban mati lemas. Untuk pastikan korban sudah meninggal, kemudian tersangka AK memerintahkan kepada tersangka RH untuk menjerat leher korban menggunakan tali ripet atau tali ties," ungkap Siswo.

Usai dihabisi di dalam mobil, jasad petinju itu dibuang para pelaku di bawah jembatan Desa Sukawangi, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, tak jauh dari lokasi ia dihabisi di dalam mobil.

"Selanjutnya korban dibuang tersangka AK, RH, dan D di jembatan Desa Sukamakmur. Lokasi dibuangnya tidak jauh dari lokasi korban dieksekusi," tambahnya.

5. Oknum TNI Diperiksa di POM TNI AU

Oknum prajurit TNI berinisial AK disebut menjadi otak pembunuhan Ahmad Nurcholys, bendahara KONI di salah satu kabupaten di Kalimantan Barat (Kalbar) yang mayatnya ditemukan di Kabupaten Bogor. Polisi bersama Polisi Militer TNI AU Lanud Atang Sanjaya Bogor menangkap tersangka AK.

Kepala Penerangan Lanud Atang Sanjaya Letkol Adam membenarkan penangkapan oknum TNI inisial AK. Menurutnya, AK kini masih diperiksa POM TNI AU di Lanud Atang Sanjaya.

"Betul. (Penangkapan) Sudah 3 hari lalu ya, sampai sekarang (masih diperiksa)," kata Kepala Penerangan Kapen) Lanud Atang Sanjaya Letkol Adam saat dimintai konfirmasi soal penangkapan oknum TNI inisial AK, Kamis (11/8/2022).

"Saya hanya membenarkan saja ya, itu (AK) ditangkap sama POM Atang Sanjaya. Pokoknya keterangan saya hanya membenarkan oknum ini telah ditangkap Polisi Militer Lanud Atang Sanjaya. Berdasarkan kerja sama dengan Polres Bogor," tambahnya.

Letkol Adam juga membenarkan bahwa AK masih aktif sebagai TNI. Namun ia tidak menyebutkan pangkat dan satuan tempat AK bertugas.

Pihak POM AU saat ini masih mendalami keterlibatan AK dalam kasus pembunuhan bendahara KONI Ahmad Nurcholys.


(mea/mea)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT