ADVERTISEMENT

5 Fakta soal Eksekutor Pria Berkaus 'Captain America' di Bogor

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 12 Agu 2022 08:17 WIB
Polisi merilis kasus pembunuhan pria asal Kalimantan Barat di Kabupaten Bogor. (
Polisi merilis kasus pembunuhan pria asal Kalimantan Barat di Kabupaten Bogor. (Foto: M Solihin/detikcom)
Bogor -

Teka-teki kematian pria berkaus 'Captain America' di Sukamakmur, Kabupaten Bogor, terungkap sudah. Korban, Ahmad Nurcholys (36) ternyata Bendahara KONI di Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat yang juga atlet tinju.

Nurcholys dibunuh oleh empat orang pria. Pembunuhan ini diotaki oleh oknum anggota TNI AU berinisial AK yang juga sudah ditangkap dan diproses di POM TNI AU.

Jenazah Nurcholys ditemukan di bawah jembatan Desa Sukawangi, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor pada Sabtu (30/7) pagi. Saat ditemukan, Ahmad Nurcholys yang menggunakan kaus bergambar logo Captain America itu sudah terikat tangannya dengan tali ties, leher diikat tali ties, dan mata ditutup buff. Sebagian tubuh korban juga dimasukkan ke dalam karung goni.

Polisi kemudian mengidentifikasi jenazah. Dua pekan berselang, tim Satreskrim Polres Bogor kemudian menangkap para pelaku.

"Dari hasil penyelidikan yang telah dilaksanakan, selanjutnya diperoleh informasi dan mengarah 4 orang yang diduga melakukan pembunuhan kepada korban. Keempatnya saat ini sudah diamankan," ujar Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin dalam jumpa pers di Mapolres Bogor, Jalan Tegar Beriman, Kabupaten Bogor, Kamis (11/8/2022).

Para tersangka dijerat dengan Pasal 338 KUHP dan/atau Pasal 365 KUHP tentang pembunuhan dan/atau pencurian dengan kekerasan.

Berikut fakta-fakta terkait pembunuhan bendahara KONI di Kalbar yang dirangkum detikcom:

1. Diotaki Oknum Anggota TNI

Kasat Reskrim Polres Bogor AKP Siswo DC Tarigan mengatakan pembunuhan Ahmad Nurcholys ini diotaki oleh oknum anggota TNI berinisial AK. AK dan korban saling mengenal karena sama-sama berasal dari Kalimantan Barat.

"Salah satu pelaku itu salah satunya oknum TNI, yang otak pelaku atau AK itu. Makanya kita kemarin bekerja sama dengan Satuan POM TNI AU Lanud Atang Sanjaya untuk melakukan penangkapan terhadap satu pelaku tersebut (AK)," ujar Siswo wartawan di Mapolres Bogor, Kamis (11/8).

Siswo menyebut, AK merupakan TNI yang berdinas di Kalimantan Barat. Keberadaanya di Bogor, kata Siswo, karena sedang mengikuti pendidikan. Saat ini, AK ditahan dan kasusnya ditangani POM AU.

"Yang bersangkutan itu sebenarnya berdinas di Kalimantan Barat, keberadaan yang bersangkutan di sini sedang berstatus sebagai peserta didik, tetapi secara organik dia (dinas) di Kalimantan Barat. Pangkatnya lupa," papar Siswo.

Simak juga video 'Heboh Warga Temukan Mayat di Bogor saat Selfie':

[Gambas:Video 20detik]



Apa motif pembunuhan korban? Simak di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT