ADVERTISEMENT

Polisi Cari Tahu Oknum Penjual Psikotropika ke Manajer BCL

Wildan Noviansah - detikNews
Senin, 08 Agu 2022 13:05 WIB
Jadi Tersangka Kasus Psikotropika, Ini Tampang Manajer BCL
Manajer BCL (tengah) (Wildan Noviansah/detikcom)
Jakarta -

Manajer Bunga Citra Lestari (BCL), Muhammad Ikhsan Doddyansyah (39), dan temannya RAR atau Ronald (33) ditetapkan sebagai tersangka terkait penyalahgunaan psikotropika jenis Alprazolam. Pengungkapan kasus ini berawal dari laporan masyarakat yang resah atas penyalahgunaan psikotropika.

"Masyarakat melihat penyalahgunaan oleh tersangka ini bukan hanya satu kali. (Lalu) Dibentuk tim oleh Kasat Resnarkoba, sehingga kita bisa menangkap kedua tersangka pada hari dan tanggal yang disampaikan di rumah manajer sang artis," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes E Zulpan, di Polres Jakbar, Senin (8/8/2022).

Polisi menyebut Alprazolam yang dibeli Doddy kemungkinan terjual bebas di pasar. Polisi memburu penjual psikotropika tersebut.

"Barang ini mungkin tersedia di pasar. Jadi dia bebas membeli. Tapi yang bersangkutan tidak menggunakan resep dokter. Harusnya psikotropika golongan 4 ini harus dengan resep dokter. Yang bersangkutan menggunakannya ilegal," kata Kasatres Narkoba Polres Metro Jakarta Barat AKBP Akmal di lokasi yang sama.

Akmal mengatakan saat ini pihaknya sedang mendalami asal-usul piskotropika yang didapat Doddy. Akmal menduga Doddy membeli barang tersebut melalui perantara.

"Proses pendalaman, tapi sementara lewat perantara bisa saja lewat online, bisa," katanya

Atas kasus tersebut, Doddy beserta rekannya Ronald ditetapkan sebagai tersangka. Doddy dan Ronald dijerat Pasal 62 UU RI Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika dan Pasal 55 ayat 1 KUHP dengan ancaman pidana paling lama 5 tahun atau denda paling banyak Rp 100 juta.

Konsumsi Obat Penenang Tanpa Resep Dokter

Sebelumnya, Wakasat Narkoba Kompol Arif Purnama Oktora mengatakan manajer BCL ini mengkonsumsi alprazolam tanpa resep dokter.

"Dia menggunakan alprazolam tanpa resep dokter," kata Arief.

Alprazolam termasuk dalam psikotropika golongan IV, sehingga penggunaannya harus dengan resep dokter.

Manajer BCL ditangkap di kediamannya di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, pada Rabu (3/8) malam. Dia ditangkap bersama seorang temannya.

Dalam penggeledahan tersebut polisi menemukan 7 butir alprazolam.

Simak Video 'Momen Manajer BCL Jalani Tes Kesehatan Usai Terjerat Kasus Narkoba':

[Gambas:Video 20detik]

(zap/zap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT