3 Fakta Terkini Pemobil Pelat RF Ugal-ugalan Tabrak Sana-sini

ADVERTISEMENT

3 Fakta Terkini Pemobil Pelat RF Ugal-ugalan Tabrak Sana-sini

Rakha Arlyanto Darmawan, Yogi Ernes - detikNews
Senin, 08 Agu 2022 07:54 WIB
Mobil pelat RFH dikepung usai kabur setelah menabrak polisi di Tol Pancoran, Jumat (5/8/2022).
Mobil pelat 'RFH' dikepung akibat kabur setelah menabrak polisi di Tol Pancoran (dok. Istimewa)
Jakarta -

Aksi pemobil Daihatsu Terios berpelat RFH inisial JFAR (20) menyita perhatian publik. Pasalnya, pelaku nekat menabrak polisi lalu lintas (polantas) hingga mobil dinas anggota TNI sebelum ditangkap di Bintara, Bekasi.

Peristiwa itu terjadi pada Jumat (5/8) di Tol Pancoran. Awalnya, anggota PJR Ditlantas Polda Metro Jaya yang tengah berpatroli di lokasi hendak menegur pelaku terkait penggunaan rotator di mobil JFAR. Pelaku justru mencoba melarikan diri dengan nekat menabrak salah satu anggota PJR Ditlantas Polda Metro Jaya.

Pelaku kini telah ditetapkan sebagai tersangka. Usut punya usut, pelat RFH yang dipakai pelaku pun ternyata palsu dan dibeli secara online.

detikcom merangkum perkembangan terkini dari kasus tersebut. Setidaknya ada tiga fakta baru yang terungkap.

Pelaku Berstatus Mahasiswa

Pengemudi mobil Daihatsu Terios berpelat 'RFH' yang menabrak anggota PJR Ditlantas Polda Metro Jaya di Tol Pancoran telah ditetapkan tersangka. Pelaku ternyata masih berstatus mahasiswa.

"Pelaku inisial JFAR, usia 20 tahun. Status mahasiswa," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan kepada wartawan, Minggu (7/8/2022).

Kasus ini bermula dari aksi ugal-ugalan yang dilakukan JFAR di Tol Pancoran pada Jumat (5/8). Saat itu pelaku mengendarai mobil berpelat RFH dan menggunakan rotator.

Petugas lalu mencoba menegur pelaku. Namun JFAR justru bersikap tidak kooperatif hingga menabrak anggota PJR Ditlantas Polda Metro Jaya yang coba menegurnya.

Pelaku lalu memacu kendaraannya untuk melarikan diri. Zulpan mengatakan mobil yang dikendarai JFAR juga sempat menabrak mobil dinas TNI.

"Saat hendak melarikan diri pengendara Terios menabrak ban kiri dari kendaraan dinas TNI," ungkap Zulpan.

Tabrak Polantas-Mobil PJR Ditlantas Polda Metro Jaya

Tindakan JFAR berawal saat adanya anggota kepolisian yang memergokinya menggunakan rotator. Polisi lalu berupaya menghentikan laju kendaraan dari JFAR.

Bukannya berhenti, pelaku justru tetap memacu kendaraannya. Mobil yang dikendarai JFAR bahkan menabrak satu orang anggota polisi PJR Ditlantas Polda Metro Jaya yang bertugas di lokasi.

"Saat petugas PJR inisial Briptu G menghampiri kendaraan pengemudi Terios tersebut malah menabrak petugas Briptu G serta menabrak kendaraan dinas PJR kemudian melarikan diri," kata Zulpan.

Laju kendaraan yang dikendarai oleh JFAR tidak berhenti. Di daerah Tol Kebon Bawang mobil pelaku kembali menabrak satu mobil dinas PJR Ditlantas Polda Metro Jaya yang dikemudikan oleh Aiptu MA.

"Sampai di pintu Tol Kebon Bawang kemudian menabrak kendaraan dinas PJR yang dikemudikan oleh MA yang sedang memberhentikannya. Setelah menabrak kendaraan pelaku melarikan diri sampai ke Bintara," ujar Zulpan.

Simak di halaman berikutnya:

Saksikan Video '5 Fakta Mobil RFH Tabrak Polisi: Pelat Bodong Beli Via Online':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT