ADVERTISEMENT

Roy Suryo Ditahan, Pelapor: Hati Saya Langsung Bergetar

Wildan Noviansah - detikNews
Sabtu, 06 Agu 2022 16:31 WIB
Kevin Wu, pelapor Roy Suryo soal meme stupa Borobudur.
Kevin Wu, pelapor Roy Suryo soal meme stupa Borobudur. (Foto: dok. Istimewa)

Roy Suryo Ditahan Polisi

Pada Jumat (6/8), Roy Suryo kembali diperiksa untuk ketiga kalinya oleh polisi. Setelah pemeriksaan, Roy Suryo akhirnya ditahan polisi.

"Kemudian, setelah dilakukan pemeriksaan tadi siang, penyidik memutuskan mulai malam ini terhadap Saudara Roy Suryo Notodiprojo, sebagai tersangka kasus ujaran kebencian ini mulai malam ini dilakukan penahanan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan dalam jumpa pers di Polda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (6/8/2022).

Zulpan menjelaskan alasan penahanan Roy Suryo merupakan subjektivitas penyidik, salah satunya karena Roy Suryo dikhawatirkan akan melarikan diri.

"Hal ini (penahanan) dilakukan karena ada kekhawatiran dari penyidik yang bersangkutan akan menghilangkan barang bukti dan sebagainya sebagaimana tertuang dalam Pasal 21 ayat 1 KUHAP," ujar Zulpan.

Sejumlah barang bukti diamankan polisi, di antaranya akun Twitter @KRMTRoySuryo2 dan ponsel. Roy Suryo dijerat dengan Pasal 28 ayat 2 juncto Pasal 45A ayat 2 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan/atau Pasal 156A KUHP dan/atau Pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.


(mei/hri)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT