Lieus: Kalau Roy Suryo Sampai Ditahan di Kasus Meme Stupa, Ini Menyedihkan

ADVERTISEMENT

Lieus: Kalau Roy Suryo Sampai Ditahan di Kasus Meme Stupa, Ini Menyedihkan

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 28 Jul 2022 21:39 WIB
Lieus Sungkharisma (berkaus merah) datang ke Polda Metro Jaya untuk memberi dukungan kepada Roy Suryo yang diperiksa sebagai tersangka kasus meme stupa Borobudur, Kamis (28/7/2022).
Lieus Sungkharisma (berkaus merah) datang ke Polda Metro Jaya untuk memberi dukungan kepada Roy Suryo yang diperiksa sebagai tersangka kasus meme stupa Borobudur. (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Tokoh umat Buddha, Lieus Sungkharisma, malam ini menyambangi Polda Metro Jaya. Lieus mengaku datang untuk memberikan dukungan kepada Roy Suryo yang saat ini diperiksa sebagai tersangka meme stupa Candi Borobudur.

Lieus mengaku telah bertemu dengan Roy Suryo di ruang tunggu Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. Roy Suryo disebutnya terlihat tegar.

"Saya lihat beliau cukup tegar. Kalau sehat ya nggak tahu saya bukan dokter," kata Lieus di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (28/7/2022).

Menurut Lieus, kasus hukum yang menjerat Roy Suryo ini terkesan dipaksakan. Dia pun meminta polisi tidak menahan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) tersebut.

"Buat saya pribadi kalau ini (Roy Suryo) sampai ditahan, ini menyedihkan," katanya.

Lieus menyebutkan apa yang dilakukan oleh Roy Suryo bukan termasuk penistaan. Patung stupa yang telah diedit dan turut disebarkan oleh Roy Suryo pun, disebut Lieus, bukan sesuatu yang sakral bagi umat Buddha.

"Saya sebagai umat Buddha nggak tega. Umat Buddha itu kan bukan pemuja patung. Patung itu hanya simbol dia tidak sakral. Kalau relief Buddha itu sakral. Kalau namanya patung nggak ada yang sakral," terang Lieus.

Dia lalu menyinggung soal patung Buddha yang mirip mantan Presiden Gus Dur, namun tidak pernah dipermasalahkan.

"Ada loh patung Buddha mirip Gus Dur, kok nggak ada yang marah. Jadi saya lihat ini menurut saya pengin manggung didorong-dorong," katanya.

"Saya nggak ngerti bener kalau ini dianggap penistaan. Karena yang dipasang itu muka mirip Presiden Jokowi. Presiden enam agama di Indonesia, kok marah, kok tersinggung. Dan Roy Suryo itu dia bukan edit. Dia penjelasannya itu soal harga naik ke Candi Borobudur kok tinggi sekali," tambah Lieus.

Baca selengkapnya di halaman selanjutnya.

Simak Video 'Roy Suryo Bakal Dipanggil Lagi untuk Pemeriksaan Lanjutan':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT