ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Before-After Perbaikan Pipa Air PAM Bocor di Depok

Dwi Rahmawati, Mulia Budi - detikNews
Rabu, 27 Jul 2022 15:24 WIB
Masalah Air PAM Tak Mengalir di Depok: TUNTAS
Masalah Air PAM Tak Mengalir di Depok: TUNTAS (Luthfy Syahban/detikcom)
Depok -

Warga Kompleks Marinir, Pancoranmas, Depok, Jawa Barat, mengalami masalah air gegara pipa bocor. Kini, usai dilakukan perbaikan, air sudah kembali mengalir.

detikcom pertama kali memberitakan masalah tersebut pada Kamis (14/7). Saat itu, warga menyebut air tidak mengalir selama tiga hari.

Akibat gangguan tersebut, aktivitas warga terganggu. Warga bernama Ria Amanah (39) berhenti memproduksi makanan untuk dijual.

"Bukan hanya kebutuhan air sehari-hari yang terhambat, tetapi sebagai pemilik usaha rumah tangga di bidang kuliner, saya harus menunda orderan. Saya sampaikan ke pelanggan penundaan dua hari karena masalah air, tetapi ternyata sampai tiga hari air belum mengalir," kata Ria, di Kompleks Marinir, Kamis (14/7).

PT Tirta Asasta Depok, sebagai pengelola air PAM, mengatakan ada gangguan pipa air di lokasi proyek jalan bawah tanah (underpass) Dewi Sartika. Pipa yang berada di bawah tanah bocor terkena alat berat ekskavator.

Lokasi pipa bocor gara-gara kena bore pile underpass Dewi Sartika, Depok, Jawa Barat. (Dok PT Tirta Asasta Depok)Lokasi pipa bocor gara-gara kena bore pile underpass Dewi Sartika, Depok, Jawa Barat. (Dok PT Tirta Asasta Depok)

"Pipa terkena alat berat bore pile yang sedang melakukan proyek penggalian untuk keperluan pembangunan underpass. Kebocoran pipa berukuran tersebut membuat pasokan air bersih yang didistribusikan melalui pipa terbuang ke badan jalan. Pasokan ke konsumen pun terganggu," tulis PT Tirta Asasta Depok, dalam keterangannya, Jumat (15/7).

Pada Jumat (15/7), air yang sebelumnya mengalami gangguan kini mulai mengalir. Meskipun, saat itu kondisi air masih keruh.

Namun, pada Senin (25/7), warga kompleks Marinir sudah kembali menikmati air bersih. Mereka sudah beraktivitas dengan normal.

PT Tirta Asasta mengatakan membuat jaringan pipa sementara untuk mengalirkan air kepada pelanggan. Setelah itu, saluran air akan dipindah ke jaringan baru yang masih dalam pengerjaan.

"Kami menerima aspirasi dan keresahan dari para pelanggan, untuk itu kami mengambil langkah cepat dengan mempergunakan jaringan sementara. Jaringan ini akan dipergunakan sambil menunggu pekerjaan jaringan distribusi utama yang baru selesai, setelah itu kita akan pindah ke jaringan baru tersebut," kata Direktur Umum PT Tirta Asasta, Ade Dikdik Isnandar, dalam keterangan resminya, Rabu (27/7/2022).

Berikut perbandingan sebelum dan setelah atau before and after, perbaikan pipa yang bocor tersebut:

Before

Pada Kamis, (14/7), warga Kompleks Marinir, Pancoranmas, telah mengalami gangguan air PAM selama tiga hari. Air tidak mengalir sama sekali dari keran di rumah mereka.

Kegiatan masyarakat pun terganggu. Beberapa warga yang membuka usaha harus tidak produksi karena ketiadaan air.

Untuk mengatasi masalah itu, PT Tirta Asasta mengirimkan tangki air bersih ke Kompleks Marinir.

Warga Kompleks Marinir, Pancoranmas Depok mengantre air bersih dari tangki gegera gangguan air PAM, Kamis (14/7/2022).Warga Kompleks Marinir, Pancoranmas, Depok, mengantre air bersih dari tangki gegera gangguan air PAM, Kamis (14/7/2022). (Femi/detikcom)

Warga bernama Triasnani (50) mengeluhkan ketiadaan air bersih. Dia sedikit lega saat tahu ada mobil tangki keliling.

"Aduh, saya sudah nggak keramas beberapa hari. Ini mumpung ada air keliling, jadi saya maksimalkan semua ember dan galon diisi," ujar Trias.

After

Pada Jumat (15/7), PT Tirta Asasta berhasil memperbaiki kondisi. Air minum yang sebelumnya macet kini sudah mengalir. Meskipun, warga menyebut bahwa air masih sedikit keruh.

Salah seorang warga bernama Jumari (25) menyebut air kotor itu tidak layak konsumsi. Air hanya digunakan untuk mencuci sepeda motor.

"Bukan keruh lagi kotor pas bapak nyuci kotor gitu, wah kok air PAM kayak gini, kayak air nggak layak pakai gitu, cuma satu hari besoknya sudah normal sampai sekarang," ujarnya, Senin (25/7).

Air PAM di Kompleks Marinir, Pancoran Mas, Depok, belum bening. 15 Juli 2022. (Mulia Budi/detikcom)Air PAM di Kompleks Marinir, Pancoranmas, Depok, belum bening. 15 Juli 2022. (Mulia Budi/detikcom)

Pada Senin (25/7), saat detikcom kembali mengecek ke lokasi, warga menyebut air sudah bening. Menurutnya, air sudah kembali normal seperti sebelumnya.

"Alhamdulillah udah bening kalau kemarin-kemarin butek, hitam airnya, sekarang udah bening udah alhamdulillahlah gitu. Udah normal kayak biasa lagi, kurang lebih seminggu," kata Jumari.

(aik/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT