ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Before-After Perbaikan Jalan Bergelombang Rawan Celaka di Jatinegara

Mulia Budi - detikNews
Kamis, 21 Jul 2022 12:59 WIB
Masalah Jl Bekasi Timur, Jatinegara, bergelombang bikin celaka kini tuntas. (Repro: Mindra Purnomo/Tim Infografis detikcom)
Masalah Jl Bekasi Timur, Jatinegara, bergelombang bikin celaka kini tuntas. (Repro: Mindra Purnomo/Tim Infografis detikcom)
Jakarta -

Sebelumnya, kerusakan jalan di sudut Jakarta Timur ini sudah memakan korban jiwa. Dinas Bina Marga DKI Jakarta turun tangan memperbaiki jalan dan aspal kini sudah rata. Berikut perbandingan kondisi sebelum dan sesudah perbaikan jalan.

detikcom Do Your Magic memberitakan masalah ini sejak 4 Juli 2022. Lokasinya ada di dekat JPO halte Transjakarta Imigrasi Cipinang, Jl Bekasi Timur, Jatinegara, Jakarta Timur.

Saat itu, kecelakaan baru saja terjadi di ruas jalan ini. Pengendara sepeda motor berinisial R (55) tewas terlindas truk akibat terjatuh karena menghindari jalan bergelombang di sini.

Pada 5 Juli, terpantau jalanan sudah diratakan oleh pihak Dinas Bina Marga. Aspal yang sebelumnya bergelombang sudah ditambal. Namun demikian, warga memprediksi tambalan temporer semacam ini bakal cepat rusak paling tidak sepekan kemudian.

Perbaikan Jl Bekasi Timur yang bergelombang dan rawan kecelakaan. (Dok Dinas Bina Marga DKI)Perbaikan Jl Bekasi Timur yang bergelombang dan rawan kecelakaan. (Dok Dinas Bina Marga DKI)

Benar saja, detikcom Do Your Magic memantau kembali pada 12 Juli 2022. Jalan yang ditambal itu kembali bergelombang. Dinas Bina Marga DKI Jakarta berjanji akan memantau dan memperbaiki secara permanen ruas jalan rawan kecelakaan ini.

14 Juli malam hari, pasukan kuning (petugas Dinas Bina Marga DKI) datang memperbaiki secara permanen ruas jalan ini. Caranya, aspal jalan dikelupas (scrapping) terlebih dahulu.

Perbaikan jalan di Jl Bekasi Timur, Jatinegara, Jaktim, 19 Juli 2022. (Dok Dinas Bina Marga DKI)Perbaikan jalan di Jl Bekasi Timur, Jatinegara, Jaktim, 19 Juli 2022. (Dok Dinas Bina Marga DKI)

"Diganti lapisan bawahnya baru kita hotmix dengan ketebalan 11 cm sehingga jadi kuat," kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Hari Nugroho kepada detikcom sebelumnya.

Sepekan kemudian, pengerjaan perbaikan jalan di ruas ini sudah selesai. Berikut adalah perbandingan kondisi before (sebelum) dan after (sesudah) perbaikan:

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT