Balai Kota DKI Mulai Didatangi Buruh yang Desak Anies Banding Putusan UMP

ADVERTISEMENT

Balai Kota DKI Mulai Didatangi Buruh yang Desak Anies Banding Putusan UMP

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 20 Jul 2022 11:47 WIB
Jakarta -

Ratusan buruh dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) mulai berdatangan ke Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, pagi hari ini. Mereka mendesak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajukan banding putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) yang menurunkan upah minimum provinsi (UMP) menjadi Rp 4,5 juta.

Pantauan detikcom di depan Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (20/7/2022), massa buruh tiba di lokasi sejak pukul 10.30 WIB. Mayoritas mengenakan pakaian serba hitam dengan ikat kepala berwarna merah.

Sejumlah atribut demonstrasi seperti bendera hingga spanduk dikibarkan oleh para buruh. Spanduk itu bertuliskan kalimat: 'Menolak PTUN DKI Jakarta perihal gugatan APINDO terhadap Kepgub DKI Jakarta No 1517 Tahun 2021 tentang UMP Tahun 2022. Mendukung Gubernur DKI Jakarta untuk melakukan banding ke PTUN atas Putusan PTUN No. 11/G/2022/PTUN.JKT'.

Ada pula satu unit mobil komando bertulisan 'Partai Buruh DKI Jakarta' di lokasi. Aksi demonstrasi hari ini tak membuat jalan sekitar ditutup.

"Gubernur banding, buruh menolak putusan PTUN!" ujar orator di atas mobil komando.

Ketua DPW FSPMI DKI Jakarta DKI Jakarta Winarso mempertanyakan motivasi Apindo mengajukan gugatan ke PTUN Jakarta. Padahal, kata dia, nilai UMP yang ditetapkan oleh Anies sudah tepat.

"Jadi menurut kami angka yang sudah direvisi oleh gubernur, yang ditetapkan oleh gubernur sudah berdasar dengan kajian-kajian mendalam. Karena itu, Apindo apa motivasinya sampai melakukan gugatan, sedangkan mereka sendiri tidak mewakili siapapun," kata Winarso di lokasi, Rabu (20/7/2022).

Winarso menuturkan aksi hari ini bakal diikuti ratusan buruh. Dia juga menyampaikan nantinya perwakilan buruh akan melakukan audiensi bersama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DKI Jakarta dan Kesbangpol DKI Jakarta.

"Hari ini sudah berkoordinasi dengan pihak pemprov rencananya kami diterima ke dalam untuk audiensi. Di situ kita jelaskan dukungan kami terhadap Pemprov DKI Jakarta," pungkasnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT