ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Pipa PAM Depok Rusak Kena Alat Berat, Pipa Baru Ditarget Rampung 24 Juli

Dwi Rahmawati - detikNews
Rabu, 20 Jul 2022 10:29 WIB
Lokasi pipa bocor gara-gara kena bore pile underpass Dewi Sartika, Depok, Jawa Barat. (Dok PT Tirta Asasta Depok)
Lokasi pipa bocor gara-gara kena bore pile underpass Dewi Sartika, Depok, Jawa Barat. (Foto: dok. PT Tirta Asasta Depok)
Jakarta -

Gara-gara pipa air PAM bocor terkena alat berat proyek underpass Jl Dewi Sartika, sejumlah wilayah di Kota Depok, Jawa Barat, mengalami gangguan pengaliran air bersih pada beberapa hari belakangan. PT Tirta Asasta Depok, perusahaan air bersih Kota Depok, menargetkan air PAM akan normal kembali pada 24 Juli 2022.

Direktur Umum PT Tirta Asasta (Perseroda) Ade Dikdik Isnandar mengatakan jaringan pengaliran yang berada di proyek pembangunan underpass Jl Dewi Sartika sudah tidak dapat berfungsi lagi. Padahal lokasi tersebut merupakan jaringan distribusi utama untuk mengirimkan air ke rumah-rumah warga.

"Bersama ini kami sampaikan bahwa jaringan distribusi utama yang berada di lokasi proyek pembangunan underpass Jl Dewi Sartika yang sebelumnya digunakan untuk pengaliran air bersih untuk lokasi-lokasi tersebut di atas sudah tidak dapat berfungsi lagi," kata Ade dalam keterangan yang diterima detikcom, Rabu (20/7/2022).

PT Tirta Asasta lantas membangun jalur baru di lokasi Jl Dewi Sartika. Pengerjaan ditargetkan rampung dalam waktu satu minggu, terhitung sejak (17/7/2022).

"Saat ini kita sudah mulai pengerjaan pipa baru ini dan kita maksimalkan, dikebut agar lebih cepat selesai, target kita selesai 24 Juli," sambungnya.

Pihaknya pun mengimbau para pelanggan yang terdampak untuk menghubungi nomor terkait. PT Tirta Asasta siap mengirimkan pasokan mobil tangki air bersih.

"Silakan hubungi kami melalui WhatsApp di nomor 085894297499 dan 085894297500, kami siap membantu kirimkan suplai air bersih melalui mobil tangki. Kami siap 24 jam dan semua ini gratis," tuturnya.

Untuk diketahui, warga Kompleks Marinir Pancoranmas, Kota Depok, menyatakan air dari pipa sudah tidak mengalir tiga hari. Untuk kebutuhan air bersih sementara waktu, PT Tirta Asasta mengirimkan tangki untuk warga. PT Tirta Asasta Depok selaku perusahaan air minum Pemkot Depok mengatakan penyebab masalah itu adalah pipa bocor di Jl Dewi Sartika.

Warga Kompleks Marinir, Pancoranmas Depok mengantre air bersih dari tangki gegera gangguan air PAM, Kamis (14/7/2022).Warga Kompleks Marinir, Pancoranmas, Depok, mengantre air bersih dari tangki gegara gangguan air PAM, Kamis (14/7/2022).

Berdasarkan keterangan PT Tirta Asasta, bukan hanya warga di Kompleks Marinir Pancoranmas yang kena gangguan. Total ada warga di 10 kelurahan yang kena dampak bocornya pipa air bersih gara-gara proyek underpass Jl Dewi Sartika, berikut wilayahnya:

- Kelurahan Beji
- Kelurahan Depok Jaya
- Kelurahan Pancoranmas
- Kelurahan Rangkapan Jaya
- Kelurahan Rangkapan Jaya Baru
- Kelurahan Mampang
- Kelurahan Tanah Baru
- Kelurahan Sawangan Baru
- Kelurahan Beji Timur
- Rawageni (Kelurahan Ratujaya) dan sekitarnya.

(dnu/dnu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT