ADVERTISEMENT

Kongres Advokat Terima Surat Mundur Razman 5 Menit Jelang Rapat Pemecatan

Haris Fadhil - detikNews
Senin, 18 Jul 2022 16:40 WIB
Petrus Bala Pattyona
Petrus Bala Pattyona (Ari/detikcom)
Jakarta -

Pengacara Razman Arif Nasution mengaku mundur dari Kongres Advokat Indonesia (KAI) pimpinan Siti Jamaliah Lubis, bukan dipecat. Menurut KAI, surat pengunduran diri itu diterima 5 menit jelang rapat pleno pemecatan Razman.

"Lima menit sebelum rapat pleno lengkap DPP, 34 DPD, Dewan Kehormatan menerima surat pengunduran," kata Vice President Bidang Hukum KAI, Petrus Bala Pattyona, saat dimintai konfirmasi, Senin (18/7/2022).

Dia mengatakan Razman telah mengetahui rapat itu digelar untuk pemecatan dirinya dari KAI. Rapat itu digelar di Jakarta pada Juat (15/7) sore.

Namun dia menyebut Razman telah diundang DPP KAI untuk memberikan klarifikasi atas sejumlah pengaduan masyarakat. Dia menyebut Razman tak pernah datang.

"Agenda rapat hari itu dia sudah tahu untuk pemecatan karena sebelumnya telah diundang DPP untuk mengklarifikasi berbagai pengaduan masyarakat, termasuk data-data saat mau menjadi advokat lewat KAI. Namun semua undangan klarifikasi tidak dia penuhi," ujarnya.

Dia mengatakan informasi yang mempertanyakan apakah Razman benar-benar advokat atau tidak semakin liar. Dia mengatakan hal itu yang sebenarnya ingin diklarifikasi oleh KAI.

"Informasi tentang apakah benar dia advokat semakin liar yang sesungguhnya ingin diklarifikasi dan sepak terjangnya jauh dari marwah sebagai seorang advokat. Katanya, pindah ke KAI Cucu (Tjoetjoe Sandjaja Hernanto), sementara mendaftarkan diri langsung ke DPP, padahal harus melalui DPD karena DPP tidak punya anggota," ucapnya.

Petrus juga menjelaskan soal keberadaan KAI yang dipimpin Siti Jamaliah Lubis dan Tjoetjoe Sandjaja Hernanto. Dia mengatakan KAI yang dipimpin Tjoetjoe merupakan pecahan dari KAI yang didirikan Indra Syahnun Lubis.

Simak video 'Razman Tantang Iqlima Kim Sumpah Pocong':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT