Mencuat Lagi Tanda Tanya dari Legislator di Tewasnya Brigadir Yoshua

ADVERTISEMENT

Mencuat Lagi Tanda Tanya dari Legislator di Tewasnya Brigadir Yoshua

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 15 Jul 2022 22:10 WIB
Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat semasa hidup (foto: istimewa)
Foto: Brigadir Yoshua (Istimewa)
Jakarta -

Penembakan yang dilakukan Bharada E terhadap Brigadir Yoshua Hutabarat atau Brigadir J di rumah dinas Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo kembali menimbulkan tanda tanya. Kini pertanyaan muncul dari anggota DPR RI Junimart Girsang.

Junimart awalnya menilai kematian Brigadir J penuh dengan misteri. Dia pun mendesak Polri serius mengusut insiden tersebut.

"Latar belakang tewasnya Brigadir Pol N Yosua Hutabarat harus diusut tuntas karena penuh misteri. Ini masalah nyawa dan nama baik institusi Polri dan keluarga besar almarhum NY Hutabarat," kata Junimart kepada wartawan, Jumat (15/7/2022).

Wakil Ketua Komisi II DPR ini menyebut Polri terlalu cepat mengambil kesimpulan atas kematian Brigadir J. Dia mempertanyakan kesimpulan polisi yang menyebut insiden penembakan terhadap Brigadir J berakar dari pelecehan seksual.

"Kalau mencermati berita-berita dari Humas Polri, menurut saya, terlalu cepat menyimpulkan kejadian itu dengan dasar pelecehan. Pelecehan seksualkah atau pelecehan verbal? Ini harus clear. Beritanya menodongkan pistol, mestinya pengancaman dong, bukan pelecehan," ucapnya.

Tak hanya itu, dia juga mengkritisi objektivitas Polri dalam mengungkap kasus tersebut. Dia mempertanyakan apakah alasan Bharada E terhadap Brigadir Yoshua memang sesederhana itu.

"Objektivitas Polri diuji dalam pengungkapan kasus ini. Sesama polisi saling tembak tanpa alasan yang rasional bisa diterima umum. Apakah sesederhana itu masalahnya sehingga terjadi saling menembak? Apakah Bharada E dalam posisi overmacht atau noodweer?" tuturnya.

Sebagai informasi, selain anggota DPR RI, Junimart Girsang sendiri merupakan seorang pengacara kondang di Indonesia. Beberapa kasus besar juga sempat ditangani olehnya.

Anggota DPR dari dapil Sumatera Utara ini juga adalah kakak kandung pengacara kondang lainnya, yakni Juniver Girsang. Dia juga merupakan pendiri sekaligus pengacara di firma hukum bernama JnR.

Kembali ke Junimart. Dia juga menyebut ada banyak tanda tanya di balik insiden penembakan tersebut. Salah satunya, dia menduga ada persoalan yang sangat pribadi yang melatarbelakangi kejadian itu.

"Saya menduga ada sesuatu yang sifatnya sangat pribadi di balik kejadian ini, something wrong-lah. Kabareskrim pasti mampu mengungkap ini secara transparan dengan melibatkan ahli balistik, psikolog, dan mencermati sesungguhnya rumah tempat kejadian tersebut peruntukannya untuk apa?" tuturnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan juga: Berkenalan dengan 'Papa Viral' Si Bapak Ketahuan Merokok

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT