Habiskan Rp 80,9 M, Bangunan KSPN Tanjung Lesung Pandeglang Terbengkalai

ADVERTISEMENT

Habiskan Rp 80,9 M, Bangunan KSPN Tanjung Lesung Pandeglang Terbengkalai

Aris Rivaldo - detikNews
Kamis, 14 Jul 2022 17:40 WIB
Bangunan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Pandeglang terbengkalai. Padahal, biaya pembangunan KSPN itu menghabiskan anggaran Rp 80,9 miliiar. (Aris Rivaldo/detikcom)
Bangunan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Pandeglang terbengkalai. Padahal, biaya pembangunan KSPN itu menghabiskan anggaran Rp 80,9 miliiar. (Aris Rivaldo/detikcom)
Pandeglang -

Bangunan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang terletak di Kampung Cikadu Indah, Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Pandeglang, terbengkalai. Padahal pembangunan KSPN itu menghabiskan anggaran Rp 80,9 miliar.

Berdasarkan pantauan detikcom di lokasi, Kamis (14/7/2022), kondisi KSPN sangat memprihatinkan. Tampak bangunan tersebut kumuh, bahkan rusak di bagian atap, dan rumput liar juga menghiasi kawasan tersebut.

Diketahui proyek pembangunan KSPN tersebut dilakukan pada 2016 hingga 2018 dengan menelan anggaran Rp 80,9 miliar yang bersumber dari APBN. Namun, semenjak bangunan tersebut selesai, sampai sekarang terbengkalai.

"Semenjak selesai dibangun tahun pada 2018 sampai sekarang belum difungsikan," kata warga sekitar, Rusdi, saat ditemui di lokasi.

Bangunan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Pandeglang terbengkalai. Padahal, biaya pembangunan KSPN itu menghabiskan anggaran Rp 80,9 miliiar. (Aris Rivaldo/detikcom)Bangunan KSPN selesai dibangun 2018 (Aris Rivaldo/detikcom)

Rusdi menilai pembangunan ini terkesan penghamburan anggaran. Menurutnya, pembangunan ini dilakukan dengan biaya yang tidak sedikit.

"Hambur kalau tidak difungsikan. Anggaran buat ngebangun nggak sedikit," katanya.

Jika kawasan ini bisa difungsikan, menurut Rusdi, bisa meningkatkan ekonomi masyarakat. Pasalnya, para wisatawan bisa berkunjung ke sini.

"Kalau ini bagus wisatawan pasti yang ke Tanjung Lesung ke sini. Nah, warga bisa berjualan di sini ada pemasukanlah buat warga," katanya.

Bangunan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Pandeglang terbengkalai. Padahal, biaya pembangunan KSPN itu menghabiskan anggaran Rp 80,9 miliiar. (Aris Rivaldo/detikcom)Bangunan KSPN Tanjung Lesung tak pernah dipakai (Aris Rivaldo/detikcom)

Warga lainnya, Misna, berharap bangunan tersebut bisa difungsikan. Ia juga meminta pihak terkait turun ke lapangan.

"Pemerintah ke sinilah lihat kondisinya. Biar ada perbaikan dan perawatan," harapnya.

Kata Pihak Desa

Sementara itu, Kepala Seksi Pemerintahan Desa Tanjungjaya Samsudin mengatakan bangunan tersebut belum difungsikan sampai sekarang. Menurutnya, kondisi terbengkalai kawasan tersebut karena memang belum ada pengelola.

"Pengelola nggak tahu siapa, belum jelas. Terus kemudian dibiarkan begitu saja," katanya.

Bangunan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Pandeglang terbengkalai. Padahal, biaya pembangunan KSPN itu menghabiskan anggaran Rp 80,9 miliiar. (Aris Rivaldo/detikcom)Pembangunan KSPN itu menghabiskan anggaran Rp 80,9 miliiar (Aris Rivaldo/detikcom)

Ia belum mengetahui secara detail terkait status bangunan tersebut. Menurut informasi, dikatakan Samsudin, asetnya sudah diserahkan ke Pemerintah Kabupaten Pandeglang.

"Gedung itu informasinya punya pusat. Namun sudah diserahkan ke Pemkab Pandeglang," katanya.

(jbr/jbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT