ADVERTISEMENT

Dewas KPK Menanti Lili Pintauli di Sidang Etik: Tak Bisa Panggil Paksa

Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Senin, 11 Jul 2022 10:37 WIB
Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar saat menerima rombongan finalis Puteri Indonesia di gedung KPK, Jakarta Selatan, Selasa (24/5/2022).
Lili Pintauli (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar hari ini dijadwalkan akan menjalani sidang etik terkait dugaan menerima fasilitas nonton MotoGP Mandalika. Dengan Pengawas (Dewas) KPK menunggu kehadiran Lili di sidang.

Anggota Dewas KPK Harjono berbicara soal kemungkinan jika Lili tidak hadir di sidang hari ini. Harjono mengaku Dewas tidak memiliki mekanisme untuk menjemput paksa Lili. Sedangkan sidang Lili hari ini dijadwalkan pukul 10.00 WIB.

"Nggak, kita nggak punya (mekanisme jemput paksa)," kata Harjono di lobi gedung ACLC KPK, Senin (11/7/2022).

Harjono menjelaskan Dewas akan mempertimbangkan soal pemanggilan ulang atau in absentia. Namun, hal tersebut masih belum diputuskan.

"Ya diproses biasa, nanti kita bicarakan kelanjutannya gimana, dipanggil lagi atau in absentia, nanti diputuskan," lanjutnya.

"Belum, nanti baru diputus (soal in absentia), nanti tunggu aja," lanjut Harjono.

Sementara itu, Syamsuddin Haris mengungkapkan ketidakhadiran Lili pada sidang awal, Selasa (5/7), dianggap sebagai sesuatu yang sah. Saat itu Lili mangkir dari sidang etik lantaran memilih menjadi pembicara di Anti-Corruption Watch Group (ACWG) G20 di Bali.

"Itu alasan yang sah (tidak hadir karena di Bali)," kata Syamsuddin Haris.

"Tidak dihitung (mangkir)," sambungnya.

Kemudian, Albertina Ho tak banyak berkomentar soal sidang etik Lili hari ini. Dia hanya meminta untuk menunggu.

"Nanti tunggu saja," kata Albertina Ho setibanya di gedung ACLC KPK, Senin (11/7).

Diberitakan sebelumnya, Wakil Pimpinan KPK Lili Pintauli Siregar akan menjalani sidang etik dengan Dewan Pengawas (Dewas) KPK hari ini. Lili diduga menerima fasilitas nonton MotoGP Mandalika Lombok pada Maret lalu.

"Benar, (sidang etik Lili Pintauli Siregar) Senin ini jam 10.00," kata Dewan Pengawas KPK Syamsuddin Harris saat dikonfirmasi, Senin (11/7).

Sidang hari ini merupakan hasil penjadwalan ulang pada sidang pertama yang digelar Selasa (5/7). Saat itu Lili Pintauli Siregar lebih memilih menjadi pembicara di acara Anti-Corruption Watch Group (ACWG) G20 di Bali.

Namun, terkait persidangan yang akan dijalani Lili hari ini, Dewas KPK masih belum menerima konfirmasi resmi kehadiran Lili.

"Soal kehadiran, Dewas belum tahu," sambungnya.

(lir/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT